oleh

Sepuluh Klub Terkaya di Indonesia

-SPORTIF-85 Orang Melihat

SEBELUM kompetisi Liga 1 Indonesia di mulai terdapat beberapa klub yang masuk dalam jajaran sepuluh klub paling kaya di Indonesia.

Meskipun mendapatkan sanksi dari FIFA yang memaksa PSSI harus membekukan semua kompetisi liga di Indonesai pada tahun kemarin kenyataannya muncul sebuah turnamen yang mampu mengisi kekosongan kompetisi resmi dari PSSI.

Melalui turnamen ini beberapa klub berhasil menggaet sejumlah sponsor untuk mendanai seluruh kegiatan mereka saat menjalankan turnamen.

Setidaknya dari banyak klub yang mengikuti turnamen tersebut muncul sepuluh nama klub berhasil memanfaatkan moment tersebut untuk meraup keuntungan dari pertandingan yang mereka gelar, baik melalui pendapatan penjualan tiket, jersey dan merchandise.

Tim asal pulau Kalimantan mendominasi jajaran sepuluh klub terkaya di Indonesia karena mendapatkan pendanaan dari tambang batu bara.

Sementara ada satu klub yang baru dibentuk mampu menembus daftar klub terkaya di Indonesia yakni Bali United.

Sepuluh klub ini berhasil menjaga stabilitas kondisi keuangan klub bahkan mampu memperoleh keuntungan yang besar demi menjamin tetap eksis dalam kompetisi Liga di indonesia.

Seperti yang selalu didengar bahwa banyak klub di Indonesia tidak mampu mengelola kondisi keuangan klub dan kemudian harus terpaksa membubarkan diri atau harus melakukan merger dengan klub lain.

Berikut daftar sepuluh klub Indonesia yang masuk dalam kategori terkaya

1 Arema Cronus Rp 14.335 miliar
2 Persib Bandung Rp 13.325 miliar
3 Sriwijaya FC Rp 12.510 miliar
4 Mitra Kukar Rp 12.050 miliar
5 Pusamania Borneo FC Rp 11.880 miliar
6 Semen Padang Rp 8.780 miliar
7 Bali United FC Rp 7.520 miliar
8 Persipura Jayapura Rp 6.925 miliar
9 Bhayangkara SU Rp 6.750 miliar
10 Madura United FC Rp 6.6 miliar

Data ini dikumpulkan saat sebelum kompetisi Liga 1 digulirkan oleh PSSI, kemungkinan besar sudah berubah untuk saat ini karena semua klub yang masuk ke kompetisi Liga 1 mendapatkan bantuan dana dari PSSI serta suntikan biaya dari banyak sponsor yang sudah masuk ke masing-masing klub.

NB : Data dari berbagai sumber berita

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *