Home / HEADLINE / NASIONAL

Kamis, 6 Juli 2017 - 11:03 WIB

Banyak Aduan Dana Desa, KPK akan Panggil Bupati 

Berita ini 1 kali dibaca

Katasulsel.Com Jakarta — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan pemanggilan terhadap seluruh Bupati di Indonesia.

Pemanghilan akan dilakukan lembaga anti rasua itu menyusul banyaknya pengaduan dari masyarakat terkait penggunaan dana desa.

KPK menyebut, aduan-aduan yang masuk KPK terkait penggunaan anggaran pemerintah pusat di daerah itu, mulai tahun 2015 hingga saat ini.

Koordinator Supervisi Pencegahan Korupsi KPK, Adlinsyah Nasution, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan aparat penegak hukum dalam hal pengawasan terhadap penggunaan anggaran itu di masing-masing daerah.

Hal tersebut, kata dia, merupakan salah satu rencana aksi program pencegahan KPK di setiap provinsi di tanah air

“Surat dari KPK ke seluruh Kepala Daerah sudah disampaikan. Isi surat tersebut meminta agar dalam penggunaan keuangan dana desa dapat sesuai aturan. Agar tidak muncul persoalan di kemudian hari serta wajib menggunakan sistem yang transparan.  Serta mengikutkan masyarakat secara aktif dalam perencanaan dan penggunaan serta pengawasan Dana Desa,” jelas Coki panggilan akrabnya

Lanjut Coki, pihaknya memanggil seluruh Kepala Daerah itu juga tidak lain mendorong agar proses percepatan program pencegahan korupsi di Bengkulu dapat berjalan dengan baik. Kemudian diperlukannya evaluasi ulang terhadap pelaksanaannya. Seperti e-budgeting dan sistem kinerja pegawai online, dan e-planing.

“Kedepan ini kami juga akan masuk melakukan pengawasan langsung di sektor pendidikan, kesehatan dan pendapatan daerah. Lalu perhubungan dan Dinas PUPR serta Dukcapil termasuk Badan Kepegawaian Daerah, sehingga peluang untuk melakukan korupsi di sektor-sektor yang dinilai sangat rawan ini bisa dicegah,’’ bebernya. (abe)

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

HEADLINE

Kabar Gembira, 42 ODP Sidrap Selesai Pemantauan

HEADLINE

Dibesuk Bupati Soppeng, Selfi : Terima Kasih, Saya Janji Berikan Yang Terbaik

HEADLINE

Warga Sidrap Nikmati Token Listrik Gratis, Begini Caranya

Bulukumba

Miris Ada Mayat Digotong Bambu, NasDem Bantu Ambulans Warga Kajang

HEADLINE

Seludupkan Sabu di Plat Mobil, Warga Malaysia Ditangkap di PLBN Entikong

HEADLINE

1 Oktober, Bahar Balulu dan Jumiati Dilantik Jadi Anggota DPRD Sidrap

HEADLINE

Sempat Wukuf, Jamaah Haji Asal Parepare Meninggal

HEADLINE

Relawan Muda Sulsel Untuk TMS Bagi-bagi Sembako di Sinjai