Home / HEADLINE / Makassar

Jumat, 21 Juli 2017 - 21:03 WIB

Tes Bebas Narkoba untuk Siswa Baru, Kadisdik Sulsel : Gratis!

Berita ini 3 kali dibaca

Katasulsel.Com, Makassar — Kepala Dinas Pendidikan  (Kadisdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo angkat bicara seputar kebijakan tes urine untuk siswa baru SMA/sederajat di Sulsel.

Orang nomor satu di lingkup Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan (Sulsel) itu, menegaskan, biaya tes urine itu tidak dipungut biaya sepeserpun, alias gratis.

None, sapaan akrabnya, ternyata banyak orangtua siswa yang salah paham. Mereka langsung membawa anaknya ke puskesmas, rumah sakit atau klinik untuk tes urine, sebagai salah satu berkas persyaratan yang dilampirkan.

Namun seharusnya tidak seperti itu. Tes urine kata None, dilakukan di sekolah masing-masing.

“Kita bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), untuk melakukan tes urine narkoba, dan biayanya itu gratis. Biayanya itu diambil dari dana bos untuk setiap sekolah, begitu juga dengan tes psikologi. Itu gratis juga,” ujar None, Jumat (21/7/2018).

Dia kembali mempertegas, tidak ada satu pun sekolah yang berhak menyuruh siswanya untuk melakukan tes urine di tempat lain selain di sekolah. Apa lagi sampai dipungut biaya.

Tes urine tersebut bukan mencari celah untuk menghukum siswa lanjut dia. Tapi sebagai salah satu upaya memerangi narkoba kepada siswa baru.

Ia melanjutkan, jika ke depan, didapatkan ada siswa yang positif menggunakan narkoba, maka pihak sekolah, atau Disdik Sulsel sekalipun, tidak akan memberikan hukuman, apalagi mengeluarkan dari sekolah.

“Akan tetapi kita hanya rehabilitasi siswa tersebut. Minta dengan BNN karena perjanjian kita dengan BNN yaitu merehab siswa bukan menghukum, yang penting dia tidak lebih dari ketentuan berapa hari dia tidak masuk sekolah,” tuturnya.

Siswa yang terbukti positif narkoba, akan dikeluarkan, bila setelah direhab, dan BNN menyatakan anak tersebut harus dipisahkan dari kelompok siswa lainnya, maka secara terpaksa akan dikeluarkan.(rs/sri/abe)

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

BOLA NASIONAL

Rekor Bagus di Kandang Lawan, Sidrap United Optimis Tumbangkan Persipangkep

HEADLINE

OPINI – Nakes, Hari ini Mereka Besok Adalah Kita

HEADLINE

Legislator Sulsel H Zulkifli Zain SH Tanggung Pengobatan Pasutri Yang Sakit di Sidrap

HEADLINE

Pelajar SMK Gelar Ramadan Sale Depan Rujab None

HEADLINE

Kesempatan Terakhir, Kontestan Asal Pinrang Angkat Koper

Makassar

Kerap Dijadikan Tempat Bolos Pelajar, Polsek Manggala Makassar Razia Rental Game

HEADLINE

Rp1,351 Triliun di KUA-PPAS, R-APBD Pokok Sidrap 2019 Siap Dibahas

HEADLINE

Bertemu Ketua Kadin Sidrap, Jokowi Titip Salam Untuk Dollah Mando