Home / HEADLINE / Sidrap

Selasa, 29 Agustus 2017 - 12:38 WIB

Panen Perdana Padi Taro 36/37, Pejebat Kementan : Sidrap Luar Biasa

Berita ini 2 kali dibaca

Katasulsel.com, Sidrap — Upaya meningkatkan produksi hasil pertanian di Kabupaten Sidrap untuk pencapaian swasembada pangan terus dilakukan. Sidrap tidak henti-hentinya melakukan inovasi tekhnologi. Salah satunya tekhnologi terpadu jajar Legowo Super dengan Taro 36/37 yang sekaligus menjadi tema kegiatan yang dilaksanakan di Lanrang Kecamatan Baranti, Selasa (29/8/2017).

Acara yang dikemas dalam bentuk panen perdana dan temu lapang itu, dihadiri Kabag Litbang Kementerian Pertanian, DR Muh Syakir didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sidrap, Sudirman Bungi. Setidaknyab ada sekitar 32 hektar padi yang dipanen dalam acara ini. Di acara itu, Syakir memuji hasil pertanian Sidrap, “Sidrap luar biasa,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Sekkab Sidrap, Sudirman Bungi mengatakan, Kabupaten Sidrap pada musim tanam Oktober Maret tahun 2015 berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Pertanian atas pencapaian target luas tanam sekaligus meraih penghargaan gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam rangka peningkatan produksi padi di atas 5 persen dimana Sidrap mencapai peningkatan 9,42 persen. Untuk tahun 2016, berdasarkan angka tetap BPS produksi padi Sidrap mencapai 587.982 ton, itu mengalami peningkatan dari tahun 2015 yang hanya 536.012 ton.

“Ini menunjukkan bahwa ada peningkatan produksi padi pada tahun 2016 sebesar 51.970 ton, atau naik sekitar 9,70 persen,”ungkap Sudirman.

Dan untuk tahun ini lanjut Sudirman, Pemkab Sidrap melalui Dinas Pertanian, Ketahanan pangan dan Perikanan mendapatkan alokasi kegiatan Jarwo Super seluas 200 ha, dan kegiatan tersebut telah dilaksnakan di lima kecamatan masiing-masing, Watang Pulu, Baranti, Maritengngae, Pitu Riawa, dan Kecamatan Dua Pitue. Hasilnya lanjut Sudirman, dari hasil ubinan mencapai 8 kilogram atau setara dengan produksi 12,8 ton per hektar.

“Capaian ini merupakan bentuk dukungan Pemkab Sidrap kepada pemerintah pusat, dan sekaligus merupakan hasil kerja keras dari berbagai stakeholder. “Dan melalui kesempatan ini atas nama Pemkab Sidrap kami menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Dinas Pertanian, Dandim 1420 Sidrap, Polres Sidrap dan semua pihak terkait yang telah bekerja keras mewujudkan swasembada pangan ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu Sudirman berharap ada inovasi baru yang lahir untuk peningkatan produksi produksi padi yang akan berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.(sah)

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

HEADLINE

Empat Calon Sekda Soppeng Assessment di Makassar

HEADLINE

Brigjen Pasenga : Progres TMMD ke 102 di Sidrap Sangat Bagus

HEADLINE

Kantongi PPP-PKS dan NasDem, Baru TMS Yang Miliki Syarat Kendaraan Politik

HEADLINE

BJ Habibie Titip Salam Untuk Rakyat Parepare Melalui Taufan Pawe

BOLA NASIONAL

Unggul 2-1 Atas Perspin, Mantan Manager Perssidrap Puas

HEADLINE

Masuk Makassar Harus Kantongi Surat Bebas Covid

BOLA NASIONAL

Screening Pemain, Sidrap United Tak Sabar Hempaskan Lawan 

Sidrap

Polres Sidrap Mulai Terapkan New Normal di Pelayanan SIM