Home / HEADLINE / NASIONAL / Sidrap

Minggu, 1 Oktober 2017 - 18:04 WIB

PLTB Sidrap Mampu Terangi 100 Ribu Rumah

Berita ini 2 kali dibaca

Katasulsel.com, Sidrap — Menteri Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Ignasius Jonan, memantau progres Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang dibangun di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), akhir pekan, Sabtu, 30 September 2017.

Kedatangan Jonan, sapaan akab Ignasius Jonan, di Desa Mattirasi, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap itu, guna memastikan PLTB berkapasitas 75 MW itu sudah bisa difungsikan di quartal 1 tahun 2018.

Bupati Sidrap, H Rusdi Masse dan istri Hj Fatmawati Rusdi, datang menyambut Jonan, keduanya bahkan mendampingi Jonan berkeliling lokasi pembangkit bertenaga angin terbesar di Indonesia itu.

Jonan menyimpulkan, proyek PLTB yang dikembangkan oleh independent power producer (IPP) Internasional, UPC Renewables indonesia, bekerja sama PT Binatek Energi Terbarukan itu, berprogres cepat.

Mantan menteri perhubungan itu bahkan memastikan, proyek PLTB skala komersil ramah lingkungan pertama di tanah air itu sudah bisa difungsikan awal 2018.

Dikatakan, PLTB Sidrap tersebut, bagian dari perencanaan kebijakan energi nasional dalam meningkatkan porsi energi terbarukan di Indonesia menjadi 23 persen pada 2025.

President Director PT UPC Renewables Indonesia, Brian Caffyn turut menemani Jonan yang datang dari Jakarta itu.

Saat ini, sebutnya, telah memasuki tahap pemasangan turbin-turbin angin. Komponen-komponen telah diangkut ke lokasi proyek dan secara bertahap menuju lokasi generator turbin angin (GTA).

Brian menarget, pemasangan seluruh turbin itu akan selesai pada akhir 2017 dan memenuhi Commercial Operation Date (COD) pada triwulan pertama (Q1) 2018.

Kelak, seluruh listrik yang dihasilkan proyek tesebut selanjutnya di jual melalui kontrak 30 tahun kepada PT.PLN (Persero) yang kemudian akan di distribusikan ke jaringan Sulsel yang cukup untuk memasok lebih dari 100.000 rumah. (abe).

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

Sidrap

Hadiri MMD di Pajalele Sidrap, Ini Yang di Sampaikan Bripka H. Haris Halim

NASIONAL

Pendaftaran Online CPNS Mulai 1 Agustus 2017

Sidrap

Aparat Gabungan Bubarkan Judi Sabung Ayam di Sidrap

BOLA INTERNASIONAL

Neymar ke PSG, Rekor Baru untuk Transfer Pemain

HEADLINE

Polres Sidrap Berhasil Ungkap Pencurian Velg dan Ban Mobil, Terduga Oknum PNS

HEADLINE

Buron Pembunuhan, Hamsah Tidur Pindah-pindah, Hindari Keramaian

PILKADA

Bacabup Sidrap dari PKS Jemput Aspirasi Warga

Sidrap

Aparat Desa di Sidrap Belajar Aplikasi Siskeudes Versi Anyar