Tes HBsag, Cara Dandim Sidrap Hindarkan Anggotanya dari Hepatitis B

92

KATASULSEL.COM, SIDRAP — Untuk mengantisipasi terjangkitnya Hepatitis B kepada personel, Kodim 1420/Sidrap gelar pemeriksaan HBsag terhadap seluruh Personel di Klinik PPK I Makodim 1420/Sidrap Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap, Selasa (30/01).

Pengambilan dan pemeriksaan HBsag ini dilaksanakan oleh Tim Lab Puskesmas Pangkajene Ibu Hj. Nursiah, K.S.ST bersama Nur Asia, A.Md.AK bertujuan untuk mendiagnosa infeksi Hepatitis akut dan kronik, tes penapisan atau skrining darah dan produk darah atau serum dan lain-lain.

Tes HBsag itu dapat mencegah Personel Kodim 1420/Sidrap dari penyakit Hepatitis B, karena penyakit ini sangat rawan terhadap Prajurit dimana Hepatitis B ini cepat penularannya terhadap orang lain.

Menurut Ketua Tim, Serka Ambo Meru, S.Kep.NS yang juga Kaposkes Kodim 1420/Sidrap itu, penularan penyakit itu bisa melalui udara, darah, keringat maupun gelas bekas dari penderita penyakit Hepatitis B ini. dan untuk jumlah Personel Kodim 1420/Sidrap yang sekarang sementara diperiksa baru 38 orang dari 202 personel karena kegiatan vaksin ini kami laksanakan secara berkala.

“Kegiatan ini sudah ke 3 kali kami laksanakan, sehingga apabila ada personel yang fositif berarti harus menjalani pengobatan sampai tuntas dan apabila yang negatif maka kami langsung laksanakan vaksin” tuturnya.

Sedangkan Dandim 1420/Sidrap (Letkol Inf Eko Paskah.HN) mengatakan bahwa pemeriksaan tersebut sebagai bentuk kepedulian satuan terhadap kesehatan personel dengan upaya mendeteksi dini, sehingga mampu menekan resiko berkembangnya penyakit Hepatitis B di lingkup Makodim 1420/Sidrap.

“Kegiatan ini menjadi sangat penting untuk dilakukan karena dapat diketahui apakah personel terjangkit atau tidak, sehingga apabila ada yang fositif maka dilaksanakan pengobatan sehingga personel Kodim 1420/Sidrap siap menjalankan tantangan tugas kedepan sebagai Satuan Komando Kewilayahaan”.Pungkas Dandim.

Tidak hanya Personel Kodim 1420/Sidrap, namun terlihat juga para Ibu-ibu Persit KCK Cab XLIV Dim 1420 turut ikut dalam pemeriksaan tersebut.(yas)