Pendidikan Gratis ala FAS, Tidak Ada Alasan untuk Tidak Bersekolah di Parepare

219

PAREPARE — Calon Walikota Parepare Faisal Andi Sapada (FAS) menawarkan program pakaian sekolah gratis. Program tersebut adalah satu dari sekian program yang dijelaskan FAS, pada sosialisasi di Jalan Ahmad Yani, KM3 Parepare, Jumat 2 Februari.

Program tersebut menyediakan seragam, tas, hinggas sepatu bagi anak yang baru masuk sekolah. Program itu ternyata yang paling banyak mendapatkan tanggapan dari warga, khususnya orangtua siswa. “Itu bisa sangat membantu meringankan beban orangtua. Apalagi harga seragam semakin mahal,” kata salah satu warga, Hafid.

Hal senada diungkapkan warga lainnya, Rahmat. Menurut dia, pakaian sekolah adalah salah satu beban orangtua saat mulai menyekolahkan anaknya. Apalagi kalau anak sudah lebih dari dua orang. “Kami juga mendengar tadi bahwa akan ada angkot gratis untuk siswa. Kami berharap FAS terpilih, untuk mewujudkan program-program pro rakyat seperti itu,” ujarnya.

FAS sendiri dalam pelbagai kesempatan menyebut akses pendidikan adalah prioritasnya. FAS tidak ingin ada warganya yang tidak bisa bersekolah karena kendala-kendala yang tak perlu terjadi. “Salah satu tugas utama pemerintah adalah menyediakan layanan pendidikan yang dapat dinikmati semua kalangan tanpa terkecuali. Tidak ada alasan untuk tidak bersekolah,” tegas Faisal.

Selain program pendidikan gratis tersebut, Program Harapan Baru lainnya meliputi bantuan stimulan untuk usaha, alokasi anggaran Rp1 miliar per kelurahan, 1000 pengusaha baru, pembangunan rusun untuk warga miskin, hingga program rumah DP 0 persen untuk warga Parepare. (mhs)