Kodim 1405/MLTS Gelar Bela Negara, Dandim Bilang Begini?

48

KATASULSEL.COM, Parepare — Kodim 1405/Mlts menggelar Upacara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara Bagi Generasi muda Se-Kota Parepare Angkata I Tahun 2018 di Makodim 1405/MLTS jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Senin 12/2/2018.

Kegiatan dihadiri Dandim 1405/Mlts Letkol Arm.K Ady Hamsyah, Kapolres Parepare diwakili Kapolsek Ujung Kompol Muhabar, Dandenpom Parepare diwakili Wadan Denpom Mayor Paryoto, Danyon Brimob B Parepare diwakili Pasi Ops Iptu Suwaji, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Parepare diwakili Lili, SH. MH, Kakesbangpol Parepare, Kadishub diwakili, Ketua FKUB Kota Parepare Drs H. Junaed, Para Lurah Se Kota Parepare, Perwakilan Ormas Parepare dan Para tamu Undangan

Peserta Upacara Kelompok Korsik Satpol PP, 1 SST Kodim 1405/Mlts, 1 SST Yon Brimob B, 1 SST Polres Parepare, 1 SSK Peserta Bela Negara, 1 SST Satpol PP, 1 SST Damkar.

Yang bertindak selaku Inspektur Upacata Walikota Parepare diwakili Asisten I Drs.Rahman Usman, MM, Pembina upacara Kapten Inf Sahlan.

Jumlah Peserta Bela Negara sebanyak 100 orang, diklat ini merupakan suatu kegiatan positif dan perlu didukung oleh semua pihak. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam memberikan pendidikan bela Negara sehingga akan tercipta rasa nasionalisme khsususnya di kalangan generasi muda.

Dandim 1405/Mlts, Letkol Arm K. Ady Hamsyah, memaparkan,”pelaksanaan Diklat ini memiliki nilai strategis dalam rangka menanamkan dan menumbuhkan kesadaran bela Negara bagi generasi muda bersikap, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta berwawasan Kebangsaan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Dalam era reformasi ini telah dirasakan menurunnya rasa solidaritas dan kebersamaan anggota masyarakat”.

Untuk mengantisipasi gejolak sosial yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa untuk itu para pemuda harus terus dibina diarahkan sehingga sesuai dengan kepribadian dan budaya bangsa, Sebagaimana diatur dalam konstitusi kita Undang-Undang Dasar 1945 pasal 27 ayat 3, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara, tutur Ady.(Uky)