Pemkab Sidrap Genjot Akta Kelahiran Anak

120

KATASULSEL.COM, SIDRAP — Progres pelayanan akta kelahiran anak di Sidrap, sangat baik.

Hingga kini, Dinas Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Sidrap sudah mencapai 80,369 persen dari jumlah 103.902 anak. 

Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sidrap, Islamiyah Nur mengapresiasi kinerja Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil itu.

“Kita telah menerima laporan realisasi penerbitan akta kelahiran anak yang dikeluarkan Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil, jumlahnya sudah terbilang besar. Dan kita sangat mengapresiasi hal itu,” jelas Islamiyah, Selasa, 3/4/2018

Dengan kondisi itu, sebut slamiyah, Sidrap sudah berkesempatan  predikat Kabupaten/kota layak anak, “Iya dong, Sidrap sudah bisa diperhitungkan, karena salah satu syarat bagi sebuah daerah memperoleh predikat itu adalah menyelesaikan pencatatan akta kelahiran anak,” ujarnya

Menurutnya, akta kelahiran merupakan pemenuhan kebutuhan administrasi anak sehingga dapat memperoleh pelayanan dari pemerintah. 

Saat ini, Pemkab Sidrap melalui Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil memang terus mempercepat pembuatan akta kelahiran bagi anak yang belum mendapatkan. 

Menurut Islamiyah, administrasi anak menjadi poin penting yang harus dipenuhi untuk memperoleh predikat Kabupaten layak anak. Selain dari administrasi  anak, jelas dia, kota maupun kabupaten tersebut harus sudah mempunyai Pusat Layanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif sebagai wadah untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi anak-anak.  “Itu semua sudah kita penuhi di Sidrap,” tandasnya.(pye)