Hebat, Soppeng Keciprat Dana Sanitasi Rp8 Miliar

379

KATASULSEL.COM, SOPPENG — Pemerintah Kabupaten Soppeng kembali mendapatkan kucuran dana sanitasi dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp8 Miliar.

Dalam peningkatan program pemerintaj pusat itu, maka Pemda Soppeng menambah anggaran sanitasi sebesar Rp2 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Hal itu dikatakan Kepala Dinas PU-PR Soppeng, H Abdillah Bausad saat dihubungi Selasa, 17 April. “Program sanitasi kembali laksanakan dengan menggunakan dana sharing APBN dan APBD,” katanya.

Abdillah Bausad mengatakan, program sanitasi pemerintah pusat itu dialokasikan ke PU-PR 2018. Tentunya hal itu, kata dia akan menunjang pemerintah Kabupaten Soppeng dalam pencapaian 100 persen sanitasi.

Sejauh ini, kata Abdillah menyebutkan program sanitasi itu sudah berproses dan sementara pembentukan kelompok Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Tangki Septik.

“Setelah Pemda meluncurkan Gerakan Soppeng Bebas Ancaman Tinja (SoBAT) di Lapangan Gasis Watansoppeng, tahun lalu. Kini program sanitasi yang akan digenjot,” katanya.

Lebih jauh, ia menambahkan bahwa program sanitasi sudah disosialisasikan ke berbagai pihak serta pembentukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Desa dan Kelurahan.

“Ada 8 Kecamatan di Soppeng akan mendapatkan IPAL dan Tanki septik dengan program Sanitasi PU-PR 2018, bagi yang belum memenuhi kebutuhan tahun 2017 lalu,” tandasnya.

Sekedar diketahui, tahun ini Soppeng sudah bebas dari ancaman tinja dan lebih cepat dari pada program Pusat 2019. (man)