KPU Sidrap Gelar Debat Pemilih Pemula

177

KATASULSEL.COM, SIDRAP — Berbagai cara dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidrap dalam menyukseskan Pilbup Sidrap dan Pilgub Sulsel 2018.

Salah satunya, melalui kegiatan sosialisasi dan lomba penulisan esai Pemilu dan debat bagi pemilih pemula di kalangan pelajar tingkat SMA/SMK se Sidrap.

Adapun kegiatan sosialisasi dan lomba penulisan esai Pemilu dan debat bagi pemilih pemula dalam rangka Pilbup dan Pilgub 2018 itu, diikuti sedikitnya sepuluh sekolah, meliputi SMA/SMK se Sidrap.

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula KPU Sidrap, Jl. Ressang No. 6 Pangkajene Sidenreng selama dua hari, dimulai sejak Rabu-Kamis (25 s.d 26/4/2018) itu menobatkan SMAN 1 Sidrap sebagai juara.

Sebagaimana ketentuan yang berlaku di kalangan internal KPU Sidrap, peserta yang menjuarai kegiatan sosialisasi dan lomba penulisan esai Pemilu dan debat bagi pemilih pemula dalam rangka Pilbup dan Pilgub 2018 itu, berhak mewakili Sidrap di ajang yang sama tingkat provinsi.

“Insya allah SMAN 1 Sidrap ini secara otomatis akan menjadi duta Sidrap. SMAN 1 Sidrap ini kembali akan mengikuti ajang kegiatan serupa tingkat Provinsi Sulsel di Makassar pada 2 Mei mendatang,” ujar Komisioner KPU Sidrap membidangi kegiatan itu, Mansyur, sesaat lalu.

Sementara itu, Ketua KPU Sidrap, Dahlia terlihat senang dan bangga atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi dan lomba penulisan esai Pemilu dan debat bagi pemilih pemula dalam rangka Pilbup dan Pilgub 2018 itu.

Kualitas sebuah Pemilu, kata Dahlia, salah satunya ditentukan oleh tingkat partisipasi mayarakat. Menurutnha, pemilih pemula adalah salah satu segmen pemilih yang sangat menentukan tingkat Partisipasi Pemilih di Kabupaten Sidrap dalam penyelenggaran Pilbup dan Pilgub.

Pemilih pemula yang baru mamasuki usia hak pilih, sebut Dahlia lagi, juga perlu memiliki jangkauan politik yang luas untuk menentukan kemana mereka harus memilih.

Ditambah lagi, jumlahnya yang tidak sedikit menjadikan pemilih pemula sebagai pemilih yang potensial sehingga perlu penanganan yang lebih serius agar tercapai tujuan dan harapan pemilu.

“Nah, untuk mendorong tingkat partisipasi pemilih pemula khususnya siswa SMA/SMK Sederajat dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Bupati dan Wakil Bupati Sidenreng Rappang Tahun 2018, maka kita dari KPU Kabupaten Sidrap memutuskan melaksanakan kegiatan ini,” ujar Dahlia.

Dahlia mengklaim, kegiatan yang baru saja dilaksanakan itu, bertujuan untuk membangun kesadaran pelajar tentang arti pentingnya memilih pemimpin.

Selain itu, sambungnya, juga untuk meningkatkan kapasitas pendidikan politik pelajar, serta sebagai ajang artikulasi pendapat dan pemikiran pelajar terhadap pemilu dan demokrasi.

“Adapun sasaran yang hendak dicapai adalah terbentuknya pola pikir pemilih pemula tentang pemilu dan demokrasi. Juga, untuk meningkatnya partisipasi pemilih pemula momen politik,” akunya.(pye)