Petinggi Pendidikan 6 Daerah Kumpul di Sidrap

186
Ketua PGRI Sidrap, Muslimin

KATASULSEL.COM, SIDRAP — Para petinggi bidang pendidikan dari 6 kabupaten dan kota di Sulsel, berkumpul di Kabupaten Sidrap, Kamis, 3 Mei

Pertemuan yang berlangsung di Hotel Grand Sidny Pangkajene itu dihadiri utusan dari Bone, Sinjai Selayar, Barru dan Parepare serta tuan rumah Sidrap

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulsel berada di garda terdepan menyukseskan kegiatan tersebut

Enam daerah itu masing-masing menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten dan kota, demikian halnya para Kepala Bappeda.

Datang pula unsur DPRD membidangi Pendidikan, Dewan Pendidikan, para Ketua PGRI serta koordinator pengawas daerah masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap, Nur kanaah, mengapresiasi berlangsungnya pertemuan penting itu di Sidrap.

“Kami bangga Sidrap bisa menjadi tuan rumah kegiatan provinsi ini. Pemerintah Kabupaten Sidrap sangat merespons kegiatan ini,” tandas Nur Kanaah.

Sementara itu, Ketua PGRI Sidrap Muslimin menyampaikan bahwa pertemuan petinggi pendidikan dari 6 daerah di Sulsel itu untuk mendiskusikan bagaimana keterpenuhan 8 standar pendidikan.

“Para petinggi pendidikan yang hadir inikan semuanya policy maker atau penentu kebijakan di sektor pendidikan. Nah, disinilah tempatnya mendiskusikan keterpenuhan 8 standar pendidikan tadi agar ke depannya, terjadi peningkatan sekolah setiap tahunnya,” kata Muslimin.

Menurut Muslimin yang juga Kepala SMPN 1 Pangsid Sidrap itu, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dari sekian banyak standar pendidikan tersebut.

“Kalau saya, ada tiga yang pokok, yakni standar pembiayaan, standar tenaga pendidikan serta standar sarana prasarana. Ketiga ini background -nya adalah pemerintah, tanpa itu tidak bisa ada peningkatan rapor sekolah,” ujar Muslimin.

Muslimin kemudian mencontohkan soal anggaran pendidikan. Menurut dia, dana pendidikan susah dirubah dengan alasan dana itu dari pusat. Olehnya, perlu ada singkronisasi.(yas)