Gratis, Dishub Soppeng Ajak Siswa Ikuti Pelatihan Pelayaran

196

KATASULSEL.COM, SOPPENG — Dinas Perhubungan (Dishub) Soppeng mengajak siswa-siswi untuk mengikuti pelatihan pelayaran di Barombong, Kabupaten Gowa.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dishub Soppeng, A.Darliawan saat dihubungi wartawan Katasulsel.com,Jumat, 4 Mei, sesaat lalu.

Darliawan menyebutkan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan Laut melaksanakan pelatihan pelayaran di Barombong.

“Kegiatan ini sudah juga dilakukan tahun 2017. Dan sekarang dilajutkan karena programnya dianggap bagus. Na, siswa-siswi bisa mengikuti pelatihan itu apalagi digratiskan,” katanya.

Dia mengajak bagi tamatan SMP dan SMA yang akan mengikuti pelatihan itu akan dijamin baik pakaian maupun tempat dan makannya tidak memungut biaya.

Darliawan menjelaskan bahwa pada 2017 lalu memberangkatkan sebanyak 50 orang dan untuk tahun 2018 ini ditahap pertama, juga akan berangkatkan 50 orang peserta.

“Ini juga tentunya tak lain untuk merekrut ketenaga kerjaan tiap tahunnya artinya mengurangi pengangguran di Soppeng,” ungkapnya.

Kendati demikian, kata Darliawan menyebutkan tidak semua Kabupaten/Kota di Sulsel dapat jatah pelatihan kelautan yang dikelolah oleh Sekolah Pelayaran Barombong Kabupaten Gowa.

“Yang jelasnya dalam waktu dekat ini kita berangkatkan anak-anak kita untuk tahap pertama tahun 2018,” tandasnya. (man)