Parepare Tuan Rumah TOT, Tujuh Aisyiyah se Sulsel Andil

149

KATASULSEL.COM, PAREPARE — Pimpinan wilayah Aisyiyah Sulawesi Selatan (Susel) lembaga penelitian dan pengembangan Aisyiyah menggelar Training Of Trainer (TOT)

Kegiatan itu diikuti tujuh perwakilan Kabupaten/Kota, di wilayah Sulsel yakni Kabupaten Sidrap, Pinrang, Wajo, Soppeng, Enrekang, Maros dan Kota Parepare.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan itu yakni Peningkatan kompetensi pelatihan yang berkerakter perempuan islam berkelanjutan.

Hadir, Ketua Pimpinan Daerah (PD) muhammadiyah H Sawati Lambe, dan Pimpinan Aisyiyah wilayah Sulsel Dr Hj Nurhafidaya Kurais MPd. Hal itu diungkapkan ketua Panitia TOT Marwati, Sabtu, 05, Mei, di gedung Aisyiyah, Jalan Muhammadiyah, Kota Parepare.

Marwati mengatakan, pelatihan TOT ini diikuti sebanyak kurang lebih 70 peserta dari tujuh Kabupaten/Kota yang dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu 5 – Minggu 6 Mei, dengan harapan untuk mengantar Aisyiyah sebagai suatu gerakan islam yang berkemajuan agar setiap anggotanya mempunyai pikiran yang islami dan berkemajuan, sehingga bisa menambah wawasan bagi para peserta pelatihan TOT.

“Dengan pelatihan ini kita bisa mengatar para peserta agar menjadi trenner yang berkerakter, perempuan islam yang berkemajuan, “ujarnya.

Lanjutnya, ia menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut ada delapan materi yang diberikan pada peserta, yakni pemahaman terhadap Manhaj Muhammadiyah, lalu pemahaman terhadap perempuan berkemajuan, gender dalam islam agar tidak terjadi bias gender dan ketidak adilan gender, konsep gender Muhammadiyah, Aisyiyah dalam konstenstasi gerakan perempuan islam, pengalaman quran surat Al-maun dan pemberdayaan perempuan yang salah satu gerakannua disebut bina usaha ekonomi keluarga yang bekerjasama dengan Lazismuh Kota Parepare, substainable development goals bertujuan pembangunan berkelanjutan dan program Aisyiyah, dab Da’wah advikasi pengorganisasiaan.

“Delapan materi yang akan diberikan ini, yang mendorong kami melaksanakan TOT sebagai cikal bakal untuk mewujudkan gerakan perserikatan Muhammadiyaj dan Aisyiyah baik ditingkat Daearh bahkan sampai ke rantin komunitas Aisyiyah, ” katanya.

Marwati juga menjelaskan, terkait suksesnya kegiatan ini atas kerjasama antar panitia, organiasasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah seperti amal usaha muhammadiyah dan Aisyiyah.

“Kami selaku panitia mengucapkan kepada para peserta selamat datang, dan selamat belajar untuk memperdalam ilmu dan agamanya dan dapat dimplementasikan pada gerakannya yang lebih luas,” jelasnya.

Selain, itu Ketua PD Muhammadiyah Kota Parepare, Sawati Lambe, mengapresiasi kegiatan tersebut, dan bisa berjalan dengan lancar.