Ketika ‘Profesor’ Sampah Dunia Bertemu di Jakarta, Ada dari Sidrap

437

KATASULSEL.COM, JAKARTA — Pemuda asal Sidrap, Nasri A alias La Onchas ini, berkesempatan bertemu dan bertukar pikiran dengan para penggiat masalah sampah dari belahan dunia di Jakarta.

Kebetulan La Onchas selama ini banyak terlibat dalam hal penanganan sampah di Sulsel dan Sidrap pada khususnya. Atas kepeduliannya itulah, La Onchas bisa duduk semeja dalam acara leader academy disana

Penggagas Laskar Ijo dari Kelurahan Kanyuara, Kecamatan Watang Sidenreng Sidrap itu, mendapat undangan spesial.
Dia dipercaya mewakili Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai leader regional.

Dalam pertemuan penting itu, hadir pula 67 orang leader regional lainnya dari 34 provinsi, mereka berbagi pengalaman dengan para leader regional, plus para leader luar negeri dari Estonia, Belanda dan sejumlah negara eropa lainnya.

“Kami tergabung di WCD & Lets Do It yang merupakan organisasi peduli sampah internasional, kami mengikuti training disini untuk persiapan hari sampah internasional 15 september 2018 dengan target 13 juta orang yang terlibat d indonesia,” tutur La Onchas, di PP-PON Cibubur, Senin, 6 Mei

Lalu, apa rencana besar La Onchas ke depannya? Menurutnya, dia nantinya berencana akan membentuk leader kabupaten kota di Sulsel dan mengadopsi beberapa konsep edukasi sampah selama mengikuti kegiatan itu di Jakarta.

“Tentu bukan itu saja. Dalam hal mempermantap kegiatan edukasi masalah sampah di Sulsel khususnya di Sidrap, saya juga akan melakukan studi banding ke Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya dan Bali. Alhamdulillahnya, saya di support oleh Pemkab dan DPRD Sidrap, serta kampus saya di STISIP Muhammadiyah Rappang,” akunya.

Saat ini, La Onchas menempuh pendidikan magister di STISIP Muhammadiyah Sidrap. Diluar kesibukannya kuliah dan mengurusi sampah, dia juga aktif berorganisasi di KNPI Sidrap. (yas)