Imbauan Kasat Lantas Parepare saat Mudik Lebaran

59

KATASULSEL.COM, PAREPARE — Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Parepare melakukan berbagai upaya sebagai persiapan arus mudik dan arus balik pada Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Salah satunya gencar memberikan imbauan kepada pengendara untuk menciptakan kelancaran arus mudik dan menjamin keselamatan pemudik, Selasa, 12/6/2018.

Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Budi Susilo, menghimbau kepada pengendara baik roda dua maupun roda empat.

“Khususnya pengendara yang mudik lebaran bersama keluarga dan melakukan perjalanan jauh, agar dapat terlebih dahulu mengecek kondisi kendaraan yang digunakan, sehingga saat perjalanan tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” himbaunya.

Dia mengatakan, hal-hal yang sangat perlu di perhatikan sebelum mudik menggunakan kendaraan.

“Periksa keselamatan diri sendiri sebelum berjalan, periksa kendaraan seperti sistem motor atau aki, sistem rem dan lain-lain. Jika merasakan capek atau ngantuk agar kiranya berhenti dan istirahat sejenak,” ujarnya.

Budi Susilo menambahkan, mengurangi kemacetan dan memantau arus lalu lintas, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Parepare, mulai menyiapkan beberapa langkah, termasuk pos terpadu. Sebanyak lima pos terpadu mulai dipersiapkan jelang arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

Lima Pos terpadu tersebut kata dia, terdiri dari 2 Pos Pantau Lantas, 1 Pos Pelayanan, dan 2 Pos Pengamanan. Pos tersebut akan dilengkapi dengan tenaga medis dan beberapa instansi terkait, seperti, Dinas Perhubungan (Dishub), Pemadam kebakaran (PMK), dan beberapa instansi lainnya.

“Jadi Pos yang kita siapkan untuk memudahkan masyarakat untuk melaporkan jika mereka ingin melapor.” katanya.

“Tak hanya itu, tenaga medis kita siapkan jika ada yang sakit bisa langsung ditindak oleh tenaga medis yang kita siapkan. Dan kita juga siapkan tenaga Pemadam Kebakaran, jadi jika terjadi kebakaran mereka bisa langsung bergerak dengan cepat,” tutupnya.(uky)