Bukan Cuma PLTB, Ini Destinasi Wisata Keren Bakal Hadir di Sidrap

2005

KATASULSEL.COM, SIDRAP — Sektor Pariwisata di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), diprediksi bakal tumbuh pesat.

Selain Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sidrap juga bakal mennghadirkan pesona alam pulau buatan.

Lokasinya berada di Danau Tempe perairan Sidrap, tepatnya di Kelurahan Wettee, Kecamatan Panca Lautang.

Tempat wisata yang diestimasi akan ramai dikunjungi itu diberi nama Pulau Dua.

Sebenarnya, ada tiga buah pulau buatan yang akan dibangun disana, yakni pulau 1,2 dan 3.

Akan tetapi, hanya pulau 2 yang akan disulap menjadi pusat pulau, pulau 2 itu akan memarcarkan pesona alam yang indah nan eksotis.

Pulau-pulau yang sementara dibangun itu, memanfaatkan sedimen atau endapan lumpur, hasil kerukan dasar Danau Tempe.

Tentu, tidak sulit bagi para pelancong untuk menjangkaunya. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit via jalur darat dari Pangkajene (Ibu kota Sidrap) untuk tiba di lokasi itu. Jaraknya hanya sekitar 23 kilometer (Km) saja.

Deputy Project Manager PO-BRP KSO, Susilo Y menjelaskan, pembangunan tiga buah pulau buatan itu bagian dari Proyek Revitalisasi Danau Tempe.

“Nanti akan ada tiga buah pulau buatan disana, ada pulau 1, 2 dan 3,” ujar Susilo Y, di lokasi proyek, belum lama ini

Tujuan utama dari proyek itu, sebut Susilo, sebagai penahan banjir dan juga akan menjadi destinasi wisata alam yang cantik bagi masyarakat

Satu dari tiga pulau yang akan dibangun itu, yakni pulau 2, bebernya, bakal disulap menjadi pulau buatan yang memesona.

Pemantauan di lokasi, menyebutkan, PO-BRP KSO selaku rekanan telah merampungkan pembangunan jalan dari darat tembus ke pulau 2.

Akses jalan tembus ke pulau 2 yang dibangun itu sepanjang kurang lebih 1,9 Km. Jalan itu menghubungkan daratan maupun ke pulau 1 dan 2.

Pemandangan lain, pihak rekanan dengan segala peralatan beratnya, juga terlihat ada yang sibuk mengangkat lumpur-lumpur dari dasar danau.

Sedikitnya empat alat berat yang terdiri dari tiga excavator standar di atas ponton, dan 1 excavator amphibi sibuk beraktivitas disana.

Informasinya, dalam waktu dekat pihak rekanan kembali akan mendatangkan 1 excavator long arm bersamaan dengan kapal dredging atau csd

“Kalau yang itu, sudah masuk dalam kegiatan pembangunan pulau. Luas pulau yang akan kita bangun sekira 240 ribu meter persegi,” terang Susilo lagi.

Mengacu pada kalender kegiatan, proyek revitalisasi Danau Tempe di Sidrap itu berlangsunh selama 840 hari, dimulai sejak 19 Desember 2016 hingga 8 April 2019.

Namun, pihak rekanan hanya menarget pembangunan khusus pulau 2 itu sudah akan rampung akhir Desember 2018.

“Kalau kita lihat sekarang, pengerjaan pulau 2 saat ini sudah memasuki tahap pekerjaan struktur dalam air yaitu pemancangan cerucuk bambu yang sudah terealisasi sekitar 75 persen. Setelah itu, dilanjutkan pemasangan batu kosong dan pemasangan geosintetis,” ujarnya

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Patiwisata (Porapar) Sidrap, Anis Dachlan mengapresiasi proyek nasional itu.

Pemerintah daerah, sebutnya, akan mendukung penuh kegiatan itu. Pemerintah daerah, kata dia, juga akan mengesplor tempat itu nantinya menjadi objek wisata yang dapat diandalkan.(ren)