Pengamat Politik ; Pilkada Sidrap Berjalan Aman dan Demokratis

153

KATASULSEL.COM, SIDRAP — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Sidrap berakhir dengan baik, aman dan lancar.

Hal itu membuat sejumlah kalangan di Sidrap menganggap bahwa Pilkada Sidrap patut jadi percontohan daerah lain yang melaksanakan Pilkada.

“Pilkada di Sidrap luar biasa, awalnya dianggap zona merah namun faktanya terbalik, malahan sangat aman dan demokratis,” ujar pengamat politik dari STISIP Muhanmadiyah Rappang, DR Jamaluddin, Kamis, 5 Juli

Di pesta demokrasi, kata Ketua STISIP Muhammadiyah Rappang itu, riak kecil adalah sesuatu yang wajar. Yang terpenting hasilnya menakjubkan.

Kondusifitas yang tercipta selama Pilkada Sidrap berkat peran swmua masyarakat, plus sinergitas semua pihak baik penyelenggara KPU dan Panwas.

“Tentu juga, pihak pengamanan TNI/Polri, serta para calon maupun pendukung dan simpatisan. Semuanya sudah dewasa dalam melaksanakan pesta demokrasi,” ujarnya

Menurutnya, menang kalah sudah menjadi hal biasa dalam berdemokrasi. Akan tetapi semuanya harus kembali bersatu untuk bersama-sama membangun daerah ini yang lebih baik lagi. (pye)