Pilkada Usai, Begini Tanggapan ISA-IKM Sidrap

613

KATASULSEL.COM, MAKASSAR — Usai pelaksanaa pesta demokrasi pemilihan umum kepala daerah – Pilkada serentak dihelat dan hasilya telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum – KPU Sidrap, Ketua umum Ikatan Kekerabatan Masyarakat Sidenreng Rappang – IKM Sidrap, Badaruddin Puang Sabang, dan Ketua umum Ikatan Sarjana Asal Sidenreng Rappang – ISA Sidrap Mahmud Lakaiya, menilai pesta rakyat di Bumi Nene’ mallomo itu berjalan Sukses, aman, lancar dan demokratis. Hal tersebut dikatakan kedua Tokoh asal Sidrap itu, Kamis 5 Juli, di Makassar.

Badaruddin menilai kecerdasan dan kedewasaan berdemokrasi masyarakat Sidrap merupakan bagian dari warisan leluhur Bugis Sidrap yang menganut pola kepemimpinan “mangolo pasang” yakni memilih pemimpin atas kehendak dari rakyat ujar Badar, demikian sapaan akrab Badaruddin Puang Sabang yang juga Kandidat doktor ekonomi manajemen Universitas Muslim Indonesia – UMI Makassar.

Namun demikian, katanya, suksesnya Pilkada Sidrap tak dapat dinafikan dari Kesuksesan Penyelenggara yakni KPU, PANWAS dan pihak Keamanan yakni kepolisian, TNI serta Pemkab Sidrap dibawa kendali Bupati Rusdi Masse yang mampu memenej Aparatur Sipil Negara – ASN Sidrap untuk menjaga netralitas dengan tidak melibakan diri baik langsung ataupun tidak langsung dalam proses semua tahapan Pilkada kecuali iku memili. Ini prestasi luar biasa Pemerintah Sidrap, penyelenggara dan rakyat yang harus diapresiasi dengan baik.

Menurut Mahmud Lakaiya, kecerdasan dan kedewasaan berdemokrasi yang telah dipentaskan secara klosan oleh generasi Nene’ mallomo, menujukkan Sumber Daya Manusia – SDM Bugis Sidrap cukup tinggi dan merata hingga keurat nadi pedesaan ini dibuktikan dengan tingginya Indeks Prestasi Manusia – IPM sidrap yang cukup tinggi. Kata Mahmud, peran serta para Sarjana asal Sidrap asal Sidrap yang turun langsung melibatkan diri diperhelatan demokrasi baik sebagai Konsultan politik, tim Sukses di kedua Pasangan Calon atau lainnya turut menebar ilmu berdemokrasi di Sidrap, ujar Mahmud yang juga Kandidat Doktor Teknik disalah satu Universitas ternama di Malang jawa Timur.

Badar dan Mahmud selain berterima kasih kepada masyarakat Sidrap juga memuji ketokohan kedua Paslon Bupati dan wakil bupati, Hj.Fatmawati Rusdi – Abd. Madjid dan H.Dollah Mando – Mahmud Yusuf beserta masing-masing Tim sukses dan para pendukung yang telah membangun demokrasi secara lugas, aman, lancar dan sukses meski keduanya tak menutup mata bahwa ada riak kecil tapi itu tidak lebih dari seni dan dinamika politik yang dapat dipahami. Yang terpenting kata ketanya saat ini, tetap menjaga kebersamaan, membangun Sinergitas dengan menyatukan semua Potensi untuk membangun Sidrap yang berkemajuan dalam keadilan.
Sementara itu Penerima Penghargaan Intel kehormatan Polres Sidrap 2005, Aris asnawi yang juga wakil Sekretaris IKM Sidrap, memuji prestasi pihak keamanan baik Kepolisian maupun TNI.

Menurutnya, kesuksesan Pilkada Sidrap adalah wujud Profesionalisme TNI dan Polri dalam mengawal kostelasi tensi politik dan kedua institusi penegak hukum ini patut diacungi jempol kata Aris asnawi, sembari menyampaikan Salam hormat pada Kapolres dan Komandan Kodim Sidrap atas prestasi yang telah ditoreh di Bumi Kincir angin Sidrap.(ren)