Home / HEADLINE

Jumat, 17 Agustus 2018 - 13:14 WIB

237 Narapidana Sidrap dapat Remisi Kemerdekaan dari Dollah Mando

Berita ini 25 kali dibaca

SIDRAP, Katasulsel.com — Dalam rangka Hari Kemerdekaan ke-73 RI, pemerintah memberikan remisi kepada warga binaan Kabupaten Sidrap yang telah menjalankan pidananya dengan baik.

Dari total 338 yang terdiri 104 orang tahanan dan 273 Narapidana, 1 bayi, hanya 237 orang yang dapat Remisi Umum (RU) berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (RI).

Remisi ini diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, khususnya mereka yang berkelakuan baik dan aktif mengikuti pembinaan.

Dari jumlah napi yang mendapatkan remisi diantaranya 91 orang mendapat Remisi 1 Bulan, 68 orang dapat remisi 2 bulan, 58 orang dapat remisi 3 bulan, 14 orang dapat remisi 4 bulan, 4 orang yang dapat remisi 5 bulan. Untuk remis 6 belum ada. Hadiah remisi ini tak bisa diberikan pada napi, yang menjalani pidana belum mencapai 6 bulan.

Kepala Rutan Sidrap, Mansur, mengungkapkan remisi menjadi salah satu sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan Sistem Pemasyarakatan. Sistem tersebut yakni stimulus bagi narapidana untuk menjaga perilaku dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

“Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari narapidana. Jika mereka tidak berperilaku baik, maka hak remisi tidak akan diberikan,” ujarnya.

Pemberian remisi ini dilakukan secara resmi oleh Wakil Bupati Sidrap Dollah Mando. Ir H Dollah Mando mengatakan pemberian remisi yang saat ini diatur oleh Peraturan Menteri Nomor 3 Tahun 2018 memiliki mekanisme yang sangat transparan dan sudah berbasis sistem yang mendayagunakan teknologi informasi.

Digitalisasi pemberian remisi kita dorong menjadi upaya untuk memangkas proses birokrasi berbelit yang sarat dengan peluang-peluang transaksional.

Proses ini juga akan kita buka seluas-luasnya agar masyarakat dapat ikut
melakukan pengawasan melalui aplikasi agar pemberian remisi lebih
transparan dan akuntabel.

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

HEADLINE

Tak Ada Perbaikan, Sidrap Optimistis Pertahankan WTP dari BPK

HEADLINE

Polres Sidrap Kejar Terduga Bandar Sabu Inisial G

HEADLINE

CP : Yang Bilang Kapolda Sumut Tak Netral di Pilpres, Itu Hoax dan Ingin Jatuhkan Kredibilitas Pak Agus

HEADLINE

Begini Cara Alumni MAN Pangkep Bertemu Kawan Lama

HEADLINE

Satnarkoba Polrestabes Amankan Dua Warga Jl Pampang Makassar

HEADLINE

Akan Tampil di Indosiar, Tiara Minta Dukungan Pimpinan DPRD Sidrap

HEADLINE

Dokter-dokter Cantik Ini Setia Layani Pasien Cuci Darah di Soppeng

HEADLINE

Lapangan Tidak Muat, Massa Pendukung Iwan-Alimin Padati Masjid Agung Al Munawwir