Home / ARTIKEL / OPINI

Jumat, 7 September 2018 - 16:47 WIB

Goresan dari Nasri Alias La Onchas, Aktivis Sampah Asal Sidrap

Berita ini 6 kali dibaca

Apa yang engkau dapatkan ketika menjadi Aktivis Sampah ?

Itulah seuntai lontaran kalimat pertanyaan seorang teman ketika berjumpa, tak butuh waktu yang lama menjawabnya karena jawaban tersebut tersusun rapi dalam pikiran saya.

Kepuasan, itulah jawabannya karena berkecimpung di dunia sampah sepertinya menemukan kepuasan batin karena melalui hal tersebut saya bisa menerapkan jiwa pengabdian & pemberdayaan masyarakat yang dulunya waktu di bangku kuliah hanya sebatas program kerja organisasi semata.

Darimana engkau mendapatkan Dana Operasional ?

Dentuman pertanyaan selanjutnya mengarah ke finansial dan sama seperti pertanyaan sebelumnya yang tak butuh waktu lama untuk menjawabnya.

Tuhan mengirimkan dana operasional melalui banyak cara, salah satunya orang lain. Ketika saya berpikir bahwa saat saya ingin melakukan pemberdayaan bersama anak-anak, minimal uang 20 ribu harus ada di kantong. Itupun hanya untuk membeli es pelepas dahaga bagi mereka, namun selama ini selalu saja ada donatur yang memiliki rasa iba untuk kami sehingga setiap ada kegiatan itu perut kecil mereka selalu terbebas dari rasa lapar & rasa haus. Nasi kuning juga bakso merupakan makanan yang sering donatur berikan kepada mereka. Selain itu sedikit keuntungan dari usaha juga saya sisihkan sedikit untuk konsumsi rutin.

Pemerintah Daerah juga tak menutup mata untuk kegiatan ini, melalui program dana CSR saya di fasilitasi ke PT. Sidrap Bayu Energi & mendapatkan dana untuk kendaraan operasional, selain itu dana studi banding untuk belajar tentang metode edukasi sampah di 5 Kota Metropolitan Indonesia pun saya dapatkan melalui Pemerintah Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah & Kampus melalui jalur fasilitas Komite Nasional Pemuda Indonesia.(*/ren)

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

OPINI

Sistem Hukum Secara Luas Akui Peran Bukti Forensik

ARTIKEL

Novel Karya Remaja Sidrap Berjudul Senja Tak Terlupakan Segera Diluncurkan

ARTIKEL

Bangga Jadi Mahasiswi Ilmu Komunikasi, Oleh Poufy A Silu

ARTIKEL

(OPINI) Metamorfosa dan Inovasi Public Relation di Era New Normal Life

OPINI

Menjadi Pe(Menang) Diantara Yang Terhempas, Menuju Pilkada 2018 

ARTIKEL

OPINI ; Makna Proklamasi Kemerdekaan ke 73 Tahun Bagi Generasi Milenial

ARTIKEL

[Opini] Makanan Sebagai Obat, Oleh Masdarwati

OPINI

“Ikut Campur”