Home / HEADLINE

Jumat, 30 November 2018 - 12:55 WIB

Uang Nasabah BRI Sidrap Terkuras, Simak Cara Tersangka Mengambilnya dari ATM

KATASULSEL.COM. SIDRAP — Kasus pencurian uang milik nasabah bank BRI di Sidrap, Ahmad Ukkas (35), membetot perhatian

Bukan hanya korban yang merasa heran, namun juga masyarakat umum. Ada rasa penasaran mengapa itu bisa terjadi.

Lantas, bagaimana cara tersangka Andi Muhammad Faizal alias Ical (24) bisa menguras uang milik korban melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM)?

Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Jufri Natsir menjelaskan bahwa tersangka Ical lebih awal mencuri kartu ATM milik korban yang sebelumnya tertelan saat hendak bertransaksi.

Kejadiannya pada hari Sabtu, 24 November 2018 sekitar pukul 10.00 Wita.

Kala itu, korban hendak melakukan transaksi di ATM BRI Indomaret, namun setelah memasukkan kartu ATM miliknya, kartu tersebut tertelan di mesin ATM

Korban, kata Jufri, sebenarnya sigap. Buktinya, ia langsung melaporkannya kepihak Bank BRI Cabang Sidrap

Sayangnya, laporan korban saat itu bertepatan dengan hari libur, sehingga ia disarankan oleh security agar datang pada hari Senin.

Selanjutnya pada hari Senin, 26 November 2018, pihak BRI menjelaskan bahwa kartu ATM milik korban telah dipergunakan pada hari Sabtu, 24 November 2018 sekitar pukul 00.15 Wita  untuk melakukan transaksi penarikan sebesar Rp. 5 juta. Juga ada aktivitas transfer dana sebesar Rp10 ribu ke rekening BRI atas nama Ahmad Maulana. Namun diduga digunakan oleh orang lain (Bukan korban, red).

Lalu, setelah melakukan serangkaian penyelidikan atas adanya pengaduan korban di Polres Sidrap, selanjutnya unit khusus Satreskrim dipimpin Aiptu Abdul Halim mendapat bahan keterangan bahwa telah terjadi pencurian kartu ATM dan uang milik korban.

Dari hasil penyelidikan tadi, polisi berhasil melacak tersangka pelaku.

Tak lama kemudian, polisi melakukan penangkapan terhadap tersangka di kediamannya di BTN Arawa Indah, Kelurahan Batulappa, Kecamatam Wattangpulu Sidrap pada Kamis malam, 29 November.

Masih penjelasan Kasatreskrim Polres Sidrap bahwa tersangka adalah seorang teknisi dan saat ini tercatat sebagai karyawan PT Kejar.

Adapun cara tersangka menguras uang milik korban melalui mesin ATM, sambung Kasatreskrim Jufri, dengan cara menggunakan kartu ATM milik korban yang lebih awal dicurinya. Sebelumnya, kartu ATM itu tertelan di mesin saat hendak dipakai korban bertransaksi

Tersangka, beber Jufri dengan mudah menguras uang milik korban dengan menggunakan kartu ATM milik korban dengan mentransfer dan menarik uang itu dengan cara biasa.

“Tersangka yang tak lain adalah seorang teknisi itu memasukkan kartu ATM milik korban ke mesin ATM. Adapun mengenai nomor PIN diperoleh tersangka dengan cara mengacak nomor,” ujarnya.

Sementara itu, tersangka Ical mengakui perbuatannya yang telah mengambil kartu ATM milik korban dan melakukan transaksi sebesar Rp.5 juta.

Adapun dirinya dapat mengambil ATM yang tertelan tersebut dikarenakan dirinya bekerja sebagai petugas service pada PT. Kejar yang bekerja sama dengan pihak Bank BRI untuk penanganan Operasional mesin ATM.

Saat ini, tersangka masih mendekam di Sel Rutan Polres Sidrap. Polisi tengah memeriksanya guna mempertanggung jawabkan perbuatannya. (ren)

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

HEADLINE

Jelang Natal, Wali kota Parepare Bertemu 23 Pengurus Gereja

HEADLINE

Komisi IV DPRD Wajo Rancang Perda Pariwisata

HEADLINE

Gugatan ke MK, Prabowo-Sandiaga Minta Ditetapkan Sebagai Presiden-Wakil Presiden

HEADLINE

Gaya Casual Jokowi Pukau Anak Muda Sidrap

HEADLINE

Kalau Harga Beras Sidrap Naik, Ini Yang Ditempuh Pemkab dan Bulog

HEADLINE

Gagal di Pileg, AJB Tetap Sampaikan Terima Kasih ke Pendukungnya di Sidrap

HEADLINE

Dr Ishak : Jangan Abai, Penularan Covid-19 Masih Terjadi di Sidrap

HEADLINE

Mutasi Pejabat Pemkab Sidrap Sesuai Kebutuhan