Home / OPINI / Pinrang

Kamis, 7 Maret 2019 - 13:41 WIB

[Opini] Peran Pemuda dalam Politik Dewasa

Berita ini 8 kali dibaca

Oleh : Muhammad Azwar Abdullah Tappareng
Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Asal Pinrang Sulsel

BERBICARA soal pemuda Indonesia, tentunya berbicara mengenai masa depan bangsa.

Seluruh peradaban yang ada di dunia dipengaruhi oleh peranan pemuda sebagai tonggak penggerak kondisi sosial pada saat itu.

“Berikan aku 10 pemuda maka akan ku goncangkan dunia” Begitulah kata-kata bapak proklamator Indonesia yang seakan-akan menempatkan pemuda di bangku terdepan perjuangan bangsa Indonesia, dengan pola fikir yang idealis, semangat yang membara, serta keinginan yang kuat menjadikan pemuda sebagai mesin penggerak bangsa.

Di tahun politik seperti sekarang ini, tentunya pemuda tak mau ketinggalan dalam mengambil peran dalam kancah perpolitikan nasional maupun daerah, tentunya hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah politisi pemuda yang terjun dan bergabung dalam partai politik.

Selaras dengan itu, data pemilih pemula atau milenials memiliki populasi yang sangat banyak, KPU mengumumkan jumlah DPT berdasarkan klasifikasi pemilih.

Usia 20 tahun sebanyak 17.501.278 orang dan usia 21-30 sebanyak 42.843.792 orang, atau sekitar 34,2 persen dari total 152 juta pemilih di Indonesia. Dan ini adalah kesempatan bagi pemuda untuk ikut andil dalam pemilu 2019 ini
Dalam konteks politik praktis, tentunya pemuda harus mengutamakan sebuah esensi kepemudaan dibandingkan eksistensinya itu sendiri, menimbang bahwa pemuda mempunyai peran vital di lingkungan masyarakat pemuda harusnya kritis terhadap permasalahan sosial dan memiliki program yang pro terhadap kau milenials maupun pada masyarakat.

Namun ibaratkan dua mata pisau, disamping keberanian, semangat dan pola pemikiran idealis pemuda, politisi pemuda masih kurang akan pengalaman dalam bermasyarakat dan masih dalam proses pencarian jati diri, hal ini tentunya akan menjadi persoalan yang baru dalam masyarakat apabila pemuda tidak memanfaatkan peran esensialnya sebagai pemuda.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama di era sekarang ini pendidikan politik di Indonesia masih kurang memberikan nilai positif untuk masyarakat Indonesia hal ini dibuktikan dengan cara-cara “oknum” yang memakai ujaran kebencian, provokatif dan mengadu domba masyarakat sehingga menggiring pola pemikiran masyarakat kepada kebencian dan permusuhan antar sesama yang secara substansial hal ini sangat tidak penting dan mengancam norma-norma yang berlaku di masyarakat, jadi sudah menjadi hal yang wajar apabila ditemui konflik di tengah-tengah masyarakat dan di dunia maya, khususnya sosial media yang dewasa ini sudah merupakan makanan sehari-hari masyarakat.

Padahal dalam hal ini partai politik memegang peranan penting dalam pendidikan politik, sesuai dengan UU No. 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik, namun dalam implementasinya masih banyak masyarakat yang belum mengerti mengenai hakikat dari politik, sebagian dari mereka menganggap bahwa politik hanyalah sebatas pemilihan dan hanya berkutat pada urusan suara, jadi sudah menjadi hal yang wajar apabila dalam suatu pemilu money politic tak dapat dihindarkan dalam pelaksanaan pemilu
Maka dari itu, berbicara mengenai esensi kepemudaan tentunya peran penting politisi pemuda yang tergabung dalam berbagai partai politik harus dimanfaatkan sebagai “agent of change” yang dimana pemuda harus berada di garda terdepan dalam merubah sistem politik yang konotasinya negatif menjadi sesuatu yang dapat memberikan pendidikan ke masyarakat. dan tentunya mari kita berharap akan lahir revolusioner-revolusioner baru dari generasi milenials.

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

Pinrang

Bhabinkamtibmas Polsek Cempa Hadiri Rapat Verifikasi Ulang Validasi Data Penerima Di Wilayah Desa Tadang Palie

Pinrang

Serahkan Rekomendasi ke Latif, RMS: Pejabat Jujur Ini Wajib Menang

Pinrang

Banjir Landa 12 Kecamatan di Pinrang

ARTIKEL

OPINI ; Makna Proklamasi Kemerdekaan ke 73 Tahun Bagi Generasi Milenial

Pinrang

Sambangi Jamaah Masjid, Ini Yang Disampaikan Personil Polsek Lembang Polres Pinrang

ARTIKEL

Haji Pilli ; Pergantian Tahun Baru Itu Ibarat Halte, Bijaklah!

HEADLINE

Mustadh’afin Sidrap : Kenapa Narkoba Gampang Lolos dari Kalimantan

HEADLINE

Pinrang Jadi Sasaran Pencurian Sarang Walet Lintas Provinsi