oleh

Terungkap Alasan Marc Marquez Selalu Tampil Apik di MotoGP AS

-HEADLINE, MOTO GP, SPORTIF-333 Orang Melihat

Katasulsel.com, Jakarta – Pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, selalu meraih podium juara di MotoGP Amerika Serikat. Torehan tersebut, tak lepas dari performa apik Marquez saat melibas tikungan kiri Circuit of The Americas (COTA).

COTA diketahui sebagai sirkuit dengan tikungan terbanyak di MotoGP. Dari 20 tikungan, 11 di antaranya merupakan tikungan ke kiri, yang juga terbanyak di MotoGP.

Dengan banyaknya tikungan ke kiri, Marc Marquez berhasil tampil dominan di MotoGP AS. Sejak Circuit of The Americas masuk kalender balap MotoGP pada 2013, Marquez selalu finis terdepan.

“Ini juga masih jadi tanda tangan bagi kepala saya sendiri. Atas beberapa alasan tertentu, di tikungan-tikungan kiri, saya lebih nyaman dan jauh lebih cepat dibanding di tikungan-tikungan kanan,” ujar Marquez dilansir dari laman Bola.Net

“Saat saya membandingkan data dengan pembalap lain, di tikungan kanan, kami sangat mirip. Tetapi, di tikungan kiri saya lebih cepat dari mereka,” lanjut pembalap asal Spanyol tersebut.

Pemegang lima gelar juara dunia MotoGP itu pun mengaku, tak punya penjelasan detail soal mengapa dirinya lebih cepat di tikungan-tikungan kiri.

Meski begitu, dia yakin satu di antara faktor adalah kebiasaannya mengendarai motor di lintasan dirt track, yang biasanya hanya terdiri dari tikungan kiri.

“Satu-satunya penjelasan saya hanyalah saya memulai karier di arena dirt track, dan kebanyakan sirkuitnya mengalir ke kiri. Ini mungkin penyebab utamanya,” papar pembalap 26 tahun itu.

“Meski begitu, saya juga berusaha keras untuk memperbaiki diri di tikungan kanan. Tetapi, memang benar saya lebih nyaman di tikungan kiri, dan di sanalah biasanya saya bisa menyerang lawan,” ungkapnya.

Marc Marquez bersama 22 pembalap lainnya akan tampil di MotoGP Amerika Serikat 2019 yang berlangsung pada 14 April. Sementara itu, sesi latihan bebas dan kualifikasi berlangsung pada 12 dan 13 April 2019.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *