oleh

Petani Soppeng Tak Kebagian Pupuk, Kadistan : Awas Kalau Ada Yang Timbun Pupuk!

-HEADLINE, Soppeng-434 Orang Melihat

Katasulsel.com, Soppeng — Pemerintah Kabupaten Soppeng, dalam hal ini Dinas Pertanian (Distan) diminta turunm tangan

Saat ini, ada sejumlah petani padi di Desa Kebo, Kecamatan Lilirilau Soppeng yang tak kebagian pupuk bersubsidi. Mereka sangat membutuhkannya.

“Saat ini kami sangat butuh pupuk, disisi lain pupuknya sudah habis, tolonglah kami,” ujar sumber yang enggan dipublis namanya, Rabu,  14 Agustus 2019

Masih menurut sumber tadi, pihaknya menyadari adanya alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 20 ton yang di drop pemerintah ke desanya.

Hanya saja, kata dia, pembagiannya tidak jelas dan hanya diberikan kepada kelompok tani tertentu, “Terkesan pilih-pilih kelompok tani saja. Akibatnya, kami tak kebagian,” tandasnya

Koordinator BPP Calio, Alwi tak menampik persediaan pupuk subsidi untuk petani padi di Kecamatan Lilirilau telah habis.

Karenanya, kata Alwi, pemerintah melalui distan telah mengalokasikan lagi pupuk subsidi sebanyak 20 ton untuk melayani petani padi di Desa Kebo, “Ada 5 kelompok tani yang disasar disana,” ujarnya.

Adapun kelompok tani yang akan mendapatkan pupuk subsidi itu, masing-masing kelompok
tani Sabu, Mawan, Maktanrean, Sang Hyang Seri, dan Mattiro Bulu

Lantas apa tanggapan pemerintah daerah?

Kepala Distan Soppeng, Ir Fajar mengaku akan menyikapi masalah itu secepat mungkin. “Saya akan berkoordinasi dengan pengecer untuk menyediakan pupuk subsidi itu di Desa Kebo,” janjinya.

Pada bagian lain, Ir Fajar mengimbau agar tidak menimbun pupuk bersubsidi, “Awas kalau ada yang timbun, saya pasti akan tindak tegas,” katanya

Penelusuran Katasulsel.com di Desa Kebo menyebutkan, terdapat 14 kelompok tani disana. Diduga, ada 9 kelompok tani yang tidak kecipratan pupuk talangan pemerintah itu.

Laporan : Tri Wulan Jaya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *