oleh

Karhutla di Kalbar, Polda Kalbar Amankan 58 Tersangka

-HEADLINE, NASIONAL-105 Orang Melihat

Katasulsel.com, Pontianak –Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat (Kalbar) Irjen Pol Didi Haryono, mengatakan bahwa pihaknya telah menangani 50 kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan 58 orang yang diduga pelaku pembakaran.

“Ya sekarang ada 50 kasus karhutla, dengan 58 orang tersangka. Dari 58 orang tersebut didominasi oleh pelaku perorangan, namun ada dua pelaku dari Korporasi,” kata Didi, Rabu (11/9/19).

Dijelaskan Didi, para pelaku diamankan dengan tiga payung hukum, pertama tentang lingkungan hidup, Undang-undang Perkebunan dan Kehutanan.

“Tentu ada sanksi yang dapat menjerat para pelaku Karhutla, di mana sanksi yang paling rendah tiga tahun penjara dan denda Rp3 miliar, sementara paling tinggi 10 tahun penjara dan denda Rp10 miliar,” jelas Didi.

Lebih jauh Didi mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah mengeluarkan kewenangan terkait karhutla.

“Saat ini sudah ada peraturan Gubernur Kalbar yang menyatakan apabila perusahaan perkebunan lalai dalam menyingkapi kebakaran di wilayah perkebunannya, maka akan mendapat sanksi dan akan dicabut izinnya selama tiga tahun, bahkan jika terjadi unsur kesengajaan maka pemerintah akan mencabut izinnya selama lima tahun,” tukas Didi.*

Laporan : Devi Lahendra

Gratis Berlangganan Berita Via WhatsApp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *