oleh

PLUT Sulsel Kembali Gelar Kelas Inkubator Bisnis

-HEADLINE, Makassar-76 Orang Melihat

Katasulsel.com, Makassar — Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulawesi Selatan kembali mengadakan kelas inkubator bisnis, di gedung PLUT Sulsel, Jl. Metro Tanjung Bunga, Rabu, 23 Oktober 2019

Dalam kelas inkubasi bisnis yang diluncurkan awal Oktober lalu ini kali ini membahas tema pilar bisnis yang dibawakan konsultan SDM PLUT, Bahrul ulum Ilham. Setelah sesi kelas, pelaku UMKM berkonsultasi atau coaching kepada konsultan UMKM lainnya.

Sebanyak 30 UMKM mengikuti kelas inkubator bisnis dilanjutkan sesi konsultasi dan coaching oleh masing-masing konsultan bisnis PLUT Sulawesi Selatan.

Kepala seksi Inkubator UPT PLUT Sulsel, Muh. Ismail mengatakan, kegiatan inkubasi bisnis  oleh PLUT Sulsel dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember melalui pendekatan outwall .

“program inkubator kami rancang dengan cara pelaku UMKM di tempat usahanya masing-masing dengan aktif mengikuti tahap-tahap pembinaan secara terprogram dan berkelanjutan di PLUT,” katanya.

Adapun out put dari kegiatan adalah pelaku UMKMmemiliki kemampuan untuk mengembangkan rencana bisnis, pengetahuan dan akses ke sumber daya keuangan, SDM, pemasaran, kelembagaan, produk, jejaring dan pemanfaatan IT untuk bisnis, tambahnya.

Sementara itu, dalam materinya Bahrul ulum selaku koordiantor dan konsultan SDM PLUT Sulsel membahas 9 pilar bisnis, meliputi : Omset, kepuasan pelanggan, kinerja (SDM), Cost, Organisasi, Leadership, Business owner mentality, Spirituality dan human dignity.

Bahrul lalu menjelaskan satu-persatu pilar bisnis yang terbagi menjadi 2 bagian. Ada pilar yang nampak dan ada pilar yang tersembunyi atau pilar pondasi. Pilar yang nampak meliputi omset, kepuasan pelanggan, kinerja (SDM), Cost, Organisasi yang akan menghasilkan uang atau profit.

Adapun pilar pondasi meskipun tidak nampak namun bisa dirasakan, yang akan menciptakan kebahagiaan meliputi Leadership, Business owner mentality, human dignity dan spirituality.

“Pilar bisnis membimbing kita untuk meraih bahagia dunia akhirat.Melalui bisnis kita menciptakan “create of life” atau  upaya kita menggapai kebahagian melalui bisnis yang mencapai Profit, meraih bisnis yang berkat tapi juga berkah,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *