oleh

Bupati Wajo Buka Porkes ke 17 di Maniangpajo, Ini Harapannya

-Wajo-40 Orang Melihat

WAJO, Katasulsel.com — Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo sebagai Leading Sektor menyelenggarakan Pekan Olahraga Kesehatan ke 17 yang berlangsung di Maniangpajo Jumat, 8 November 2019.

Kegiatan ini melibatkan 23 Puskesmas diantaranya Puskesmas Salewangeng, Puskesmas Pammana, Puskesmas Tosora, Puskesmas Sappa, Puskesmas Keera, Puskesmas Maniangpajo, Puskesmas Pattirosompe.

Puskesmas Solo, Puskesmas Gilireng, Puskesmas Parigi, Puskesmas Salobulo, Puskesmas Wewangrewu, Puskesmas Liu, Puskesmas Majauleng, Puskesmas Pitumpanua, Puskesmas Sabbangparu, Puskesmas Takkalalla, Puskesmas Tempe.

Puskesmas Sajoanging, Puskesmas Belawa, Puskesmas Lempa, Puskesmas Tanasitolo, Puskesmas Penrang, dan dua Rumah Sakit yaitu RSUD Siwa dan RSUD Lamaddukellleng, dan Dinas Kesehatan sendiri yang ikut ambil bagian dalam acara Porkes ke 17 ini.

Acara ini menampilkan Devile dari masing masing peserta, tentunya dengan yel yel serta formasi yang menarik ketika melintasi tribun dan hal ini menjadi daya tarik tersendiri dalam pelaksanaan acara Porkes ke 17 kali ini.

Dalam sambutan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si dalam pembukaan Porkes ke 17 ini menyampaikan kalau Pekan Olahraga Kesehatan yang terselenggara ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pemerintah Daerah dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-55, sebagai momentum untuk melakukan refleksi tentang apa yang dberikan bagi generasi bangsa dalam mencapai Indonesia Unggul.

“Generasi Sehat Indonesia Unggul merupakan tema dari Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55, yang dimaknai sebagai pemuncak dari upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pembangunan kesehatan, dalam lima tahun terakhir 2015-2019,” ungkap Dr. H. Amran Mahmud.

Dan dikatakan kalau Tema ini juga, sekaligus menjadi penanda kesiapan bidang kesehatan, untuk terlibat aktif dalam pembangunan selanjutnya, yang menitikberatkan pada aspek sumber daya manusia. Karena diyakini, bahwa SDM yang sehat, yang memiliki kesegaran jasmani dan rohani yang bagus, akan memudahkan lahirnya bibit-bibit SDM yang membawa keunggulan bagi bangsa.

“Perlu kita ketahui bersama, bahwa momentum HKN ke-55 ini sebagai pengingat kepada kita semua, bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan maupun swasta, berperan serta dalam upaya kesehatan,” kata Bupati Wajo.

“Kita perlu lebih berprioritas pada upaya promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif,” Bupati Wajo menambahkan.

Bupati Wajo diakhir sambutannya mengajak untuk mensukseskan Pekan Olahraga Kesehatan Kabupaten Wajo Tahun 2019, agar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat menjadi budaya, serta terjalin kebersamaan dan kekeluargaan bagi pegawai kesehatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wajo bersama mitra dan masyarakat umum.

Diakhir acara penyerahan piala bergilir yang diserahkan dari Bupati Wajo kepada Kepala RSUD Lamaddukelleng yang merupakan peraih Juara Umum ke I pada Porkes ke 16 tingkat Kabupaten Wajo.

Hadir dalam acara ini Bupati Wajo, Ketua DPRD Kabupaten Wajo bersama anggota DPRD Kab. Wajo lainnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Forkopimda Kabupaten Wajo, Kepala OPD serta Camat Se Kabupaten Wajo, Kepala Dinas Kesehatan beserta jajarannya, serta dari Pemerhati Kesehatan dan tokoh tokoh Kesehatan lainnya demikian juga para Kepala Puskesmas beserta jajarannya yang juga sekaligus sebagai peserta dalam acara ini. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *