oleh

Heboh, Warga Berburu ‘Hantu Jadi-jadian’ di Sidrap

-HEADLINE, Sidrap-8.681 Orang Melihat

Katasulsel.com — Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel) tetiba menjadi heboh.

Itu dikarenakan adanya aksi memburu ‘parakang’ oleh warga di Kelurahan Majelling, Kecamatan Maritengngae, Sabtu, 19 Januari 2020, malam

Oleh warga setempat, ‘parakang’ dikenalnya sebagai ‘hantu jadi-jadian’.

Dalam video berdurasi 00.37 detik yang sudah beredar luas di facebook, terlihat puluhan warga memegang senjata tajam berupa parang.

Ada yang terlihat di semak-semak, ada juga yang terpantau melakukan pencarian di rumah-rumah tua.

Setelah video itu ditelisik, ternyata warga ramai-ramai sedang berburu ‘parakang’. Lantas apa ‘parakang’ itu?

Dilansir dari situs merdeka.com (https://www.merdeka.com/gaya/parakang-makhluk-jadi-jadian-asal-sulawesi-selatan.html) menyebutkan bahwa ‘parakang’ merupakan seorang manusia yang bisa berubah-ubah wujud

Wujudnya bisa menjadi hewan, tumbuhan, benda atau apa saja.

Konon orang yang menjadi parakang adalah mereka yang belajar ilmu hitam, tapi tidak selesai mempelajarinya atau gagal.

Namun wujud ‘parakang’ ini terbilang cukup aneh. Hasil jelmaannya berbeda dengan wujud asli yang ia tiru. Misalnya jika berubah menjadi anjing, maka ia tidak mempunyai ekor atau kaki di bagian belakang lebih tinggi.

Kemudian jika berubah menjadi pohon pisang, maka wujudnya hanya memiliki dua daun, tidak berpucuk dan daunnya tidak lebih dari tiga helai. Parakang juga bisa menjelma menjadi tempat ayam bertelur.

Hantu ini cukup ditakuti oleh masyarakat di Sulawesi Selatan, sebab ‘parakang’ diyakini gemar mengisap usus anak-anak dan ibu yang sedang melahirkan.

‘Parakang’ juga kerap mengganggu orang yang sakit. Ciri-ciri orang yang diganggu parakang antara lain menderita sakit perut, keluar darah pada saat buang air yang bisa berujung pada kematian.

Pada bagian lain, Kapolsek Maritengngae, IPTU Abdul Samad membenarkan aktivitas warga memburu ‘parakang itu

“Iya, sudah berlangsung sejak beberapa malam. Kami memantau kegiatan itu dan tak lupa mengimbau warga untuk tetap menjaga ketertiban dan kenyamanan warga,” (yas/mdk)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA :