Home / Berita

Rabu, 25 Maret 2020 - 09:44 WIB

Ketua Persakmi Sidrap Menulis, Judulnya Perilaku Sehat Cegah Penyebaran Covid-19

Berita ini 23 kali dibaca

Ditulis langsung oleh : Ishak Kenre, SKM,M.Kes (Ketua Persakmi Kabupaten Sidrap)

Covid-19 sudah merenggut  jiwa,  penyebaran secara  global pun tak bisa dihindari,  20 Provinsi sudah terkonfrmasi Covid-19,  angka kurva penyakit setiap hari mengalami peningkatan dan CFR pun juga meningkat. Tren saat ini menunjukkan terjadi peningkatan kasus. Entah berapa lagi !!! Menanti hasil nasional  setiap harinya lewat medsos  penting  sebagai peringatan bahwa ini adalah Wabah,  Bencana Non Alam,  tetapi jauh lebih penting bagi orang dan masyarakat sehat yang jumlahnya 85 – 90 %.  Apa peran dan aksi kita mengantisipasi penyebaran dan meluasnya Covid-19.   Berikut  5 Langkah Penting untuk dilakukan :

Teruskan Gerakan CTPS

Jangan anggap remeh, cuci tangan pakai sabun efektif menurunkan dan meniadakan angka kuman, lakukan sesering mungkin sebagai antisipasi penyebaran virus corona melalui tangan. Sabun memiliki kandungan senyawa yang dapat mengikat molekul air dan minyak secara bersamaan, termasuk kuman yang berada di tangan. Kemudian, aliran air akan membawa pergi minyak bersama dengan kuman yang terikat.Oleh karena itu, mencuci tangan pada ai mengalir 20 -40 detik efektif untuk membunuh kuman.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menganjurkan perbanyak busa saat mencuci tangan dengan sabun karena gesekannya dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak dari kulit. Cara penanganan jika Anda merasa sakit dan gejala COVID-19 dengan sesering mungkin mencuci tangan dengan waktu sekitar 20 detik. Kemudian hindari menyentuh wajah, terutama hidung, mata, dan mulut menggunakan tangan yang kotor.

Rutinkan Desinfeksi Permukaan

“Virus corona adalah virus yang diselimuti dengan lapisan lemak pelindung. Disinfektan merobek lapisan lemak itu dan membuat virus ‘cukup lemah’ dibandingkan dengan norovirus atau virus umum lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat. Untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19, Banyak ahli merekomendasikan mencuci tangan dan membersihkan permukaan yang sering disentuh di rumah dengan disinfektan.  Sama seperti virus Corona lainnya, COVID-19 menyebar paling umum melalui tetesan air liur tak terlihat, ketika pasien batuk atau bersin di udara. Tetesan itu kemudian dapat dihirup orang-orang terdekat atau menempel di permukaan benda yang dapat disentuh orang lain, membuat orang tersebut juga dapat terinfeksi ketika mereka menyentuh bagian wajah.

Tingkatan Imunitas Tubuh  melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat 

Untuk itu menjaga imunitas tubuh menjadi sangat penting. Karena risiko dari corona meningkat seiring dengan menurunnya imunitas tubuh dan riwayat penyakit lain yang melemahkan tubuh, Berikut tips memperkuat sistem imun untuk melawan virus corona.

Rutin Berolahraga
Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang
Makanan Penunjang Sistem Imun
Istirahat yang Cukup
Kelola Stres dengan Baik

Tidak pulkam, terutama bagi masyarakat yang bermukim pada daerah yang memiliki kasus konfirmasi. Cukup tetap tinggal di rumah, menjaga kesehatan sambil tetap bekerja dan beribadah. Pemerintah setempat, tentu akan melakukan upaya – upaya khusus untuk menghindari terjadinya penularan pada masyarakat yang sehat sambil mengisolasi pasien positif covid-19.

Terapkan Social distancing, physical distancing serta patuhi  protokol pemerintah.

Social distancing adalah mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain dianggap mampu mengurangi kontak tatap muka langsung. Langkah ini termasuk menghindari pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi, seperti supermarket, bioskop, dan stadion. Namun, kita harus menjaga jarak setidaknya 1,5 meter dari orang lain, meski pakar kesehatan mengatakan hal ini tidak bisa diterapkan di segala situasi. Mereka yang memilih metode ini sebagai tindakan pencegahan juga perlu menghindari acara-acara sosial, seperti kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman, termasuk ke pesta pernikahan. Kontak fisik secara langsung, seperti berjabat tangan, berpelukan, serta berciuman juga harus tidak dilakukan, karena virus corona menyebar lewat droplet, atau tetesan air liur.

Satukan semua simpul, aksi kecil dilakukan secara bersama – sama, Insya Allah akan memberikan dampak signifikan terhadap antisipasi penyebaran Virus Corona. Teruskan ikhtiar, ikuti dengan doa kepada Allah SWT, semoga musibah ini segera berlalu sehingga kita bisa kembali pulih dan berjabat tangan,  sambil berpelukan dan berbisik’ Selamat Tinggal Covid-19’ Semoga Allah menjawab ikhtiar kita. (***)

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

Berita

Bhabinkamtibmas Desa Patani Melaksanakan Kunjungan Ke Rumah Warga

Berita

Polres Luwu Ringkus Kurir Narkoba, ‘Pak Bos’ Tancap Gas Saat akan Dibekuk

Berita

Bruno Asek, Ikon ‘Bintang Lapangan’ Liga 3 Grup B Sulsel Merumput di PS Nene Mallomo Sidrap

Berita

IPPAT dan INI Ikut Membantu Korban Kebakaran di Lautang Benteng

Berita

2 ODP Baru di Sidrap, Dari Jakarta dan Pernah Umroh

Berita

Romantis! Ungkapan Cinta Menantu Dollah Mando di Ultah Suami

Berita

Baintelkam Polri Apresiasi Penanganan Banjir Polres Sidrap

Berita

Juara Nasional, Napi Rutan Sidrap Segera Terbitkan Buku Berjudul Senandung di Balik Jeruji