Home / HEADLINE / Sidrap

Kamis, 26 Maret 2020 - 10:31 WIB

4 PDP dan Seorang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Asal Sidrap

Berita ini 2.416 kali dibaca

4 PDP dan Seorang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Asal Sidrap

Katasulsel.com — Masyarakat di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, diharapkan terus meningkatkan upaya pencegahan dalam rangka memutuskan mata rantai penularan virus corona (Covid-19).

Juru bicara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap menangani Covid-19, Ishak Kenre menyampaikan perkembangan terbaru, Kamis, 26 Maret 2020.

Ishak Kenre menyampaikan adanya salah satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Sidrap, terkonfirmasi positif Covid-19.

“PDP yang bersangkutan menjalani perawatan di salah satu rumah sakit rujukan yang ada di Sulawesi Selatan,” kata Ishak Kenre kepada Katasulsel.com, sesaat lalu.

Khusus Kabupaten Sidrap, sambungnya, ada 18 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 3 Orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 1 Orang Terkonfirmasi Covid-19 (Positif)

Adapun analisa dan kajian data berdasarkan riwayat perjalanannya, terang Ishak Kenre, untuk ODP 18 orang riwayat perjalanan Arab Saudi (Umrah) dan Jakarta

Sementara, PDP 3 orang, riwayat perjalanan Arab Saudi (Umrah) dan Malaysia. Sedang yang dinyatakan positif 1 orang riwayat perjalanan Arab Saudi (Umrah)

Adapun langkah-langkah Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sidenreng Rappang untuk memutuskan mata rantai penularan Covid-19 di Sidrap antara lain TGC Puskesmas bersama dengan Tim pertama, Gugus Tugas Kecamatan langsung melaksanakan pelacakan kontak (Contack Tracing), melakukan isolasi rumah dengan disiplin dan ketat terhadap kontak, pemantauan sangat intens, dan penanganan lebih lanjut bila mengalami gejala klinis.

Kedua, bila keadaan memburuk/berat, penanganan lanjutan dilakukan di RS. Nene Mallomo, RS. Arifin Nu’mang, RS Rujukan Andi Makkassu Pare Pare dan RS. Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Ketiga, bagi msyarakat/ penduduk yang Sehat, akan terus dilakukan penguatan penerapan Social Distancing, edukasi melalui media sosial, Telpon Langsung, Penyuluhan Keliling untuk Stay at Home, Praktek Jaga Jarak (Phsyical Distancing), menjaga Perilaku Hidup Bersih, dan Sehat, Lingkungan yang Bersih dan Menjaga Imunitas Tubuh melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Langkah preventif dan promotif untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona akan terus ditingkatkan diantaranya :

Terus mengedukasi seluruh Protokol Pemerintah yang sudah ada, baik yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat.

Peningkatan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon / Respon Cepat yang dilakukan oleh TGC Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk & KB bekerjasama dengan Tim Gerak Cepat Puskesmas.

Meningkatkan kordinasi dan komunikasi resiko antara Tim Gugus Tugas Kecamatan / Posko Kecamatan dengan Tim Gugus Tugas Kabupaten.

Meningkatkan kewaspadaan, penjagaan dan pelaporan terhadap semua warga pendatang yang memiliki riwayat perjalanan luar negeri maupun dalam negeri yang melaporkan adanya Transmisi Lokal.

Sebelumnya, Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Sidrap, Sudirman Bungi menyampaikan, pihaknya intens melakukane desinfeksi/ penyemprotan secara massal, baik melalui bilik bilik sterilisasi maupun penyemprotan langsung pada tempat pelayanan publik, tempat ibadah dan pusat keramaian.(yas)

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

HEADLINE

Novanto Berpeluang Jadi Tersangka Kembali Oleh KPK

HEADLINE

TGB Tegaskan Tak Ada Deal Tertentu Atas Sikapnya ke Jokowi

Sidrap

Aparat Gabungan Bubarkan Judi Sabung Ayam di Sidrap

ADVERTORIAL

Dobel Bantuan, Setelah Uang Rp14,9 M, Sidrap Terima Lagi Mobil dari Gubernur

POLITIK

Sahabat Muda RDJ Siap Menangkan Resky Djabir di Sidrap Timur

Sidrap

Majid: Dari Dulu Sidrap Lumbung Beras, KPS akan Pacu Petani

Pinrang

DKPP Undur Sidang Kode Etik KPU Sidrap

HEADLINE

Dibekuk, AKBP Budi : Jangan Coba-coba Dagang Narkoba di Sidrap!