Home / Berita

Rabu, 12 Agustus 2020 - 12:28 WIB

Kwartir Cabang Wajo Siap Gelar Ulang Janji Pramuka

Berita ini 163 kali dibaca

WAJO – Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Hari Pramuka tahun 2020, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo tengah mempersiapkan berbagai item kegiatan menarik.

Salah satu kegiatannya adalah Pelaksanaan Kegiatan Ulang Janji Pramuka. Kegiatan tersebut rencananya akan dipimpin langsung oleh Drs. H. Jasman Juanda.,M.Si Selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo.

Selain itu, Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Para Pengurus Kwartir Cabang Wajo, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka (Pusdiklatcab), Pelatih dan Andalan serta Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Cabang (DKC).

Sementara itu, Para Pengurus Kwartir Ranting, Andalan Ranting, Dewan Kerja Ranting, Pembina gugus depan akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut melalui Daring/ On Line.

Saat dikonfirmasi (Rabu,12/08/2020), Gusman.,S.Pd.,LG selaku Koordinator Seksi Upacara Ulang Janji mengungkapkan bahwa Pelaksanaan Kegiatan Ulang Janji Pramuka merupakan salah satu tradisi yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka sejak masa Pra 1961.

Ulang Janji Pramuka ini meurpakan salah satu bentuk penguatan kembali terhadap komitmen seluruh Jajaran Pengurus Gerakan Pramuka baik itu dilingkup Kwartir Cabang, Pusdiklat, Pelatih dan Andalan Dewan Kerja Pramuka Penegak Pandega.

Selain itu, tujuan lainnya adalah proses evaluasi diri baik secara individu, kelompok maupun kelembagaan serta hal-hal yang telah dilakukan, yang belum dilakukan serta yang akan dilakukan ke depannya.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa pada kegiatan Ulang Janji Pramuka nantinya, para peserta akan mengucapkan kembali janji pramuka yang biasa dikenal dengan Tri Satya sebagai salah satu kode kehormatan yang ada dalam Gerakan Pramuka.

Para peserta juga akan mendengarkan teks renungan sebagai bentuk evaluasi terhadap capaian yang telah dilakukan oleh Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo serta penguatan dan penegukan kembali komitmen di dalam Gerakan Pramuka.

“Kegiatan Ulang Janji Pramuka akan dilaksanakan dalam bentuk upacara yang pada dasarnya mengandung unsur pendidikan yang tidak terlepas dari Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan”

“Kita berharap seluruh jajaran Pengurus Gerakan Pramuka baik ditingkat Cabang, Ranting dan Gugus Depan serta Pramuka yang ada di Wilayah Kerja Kwartir Cabang Wajo agar dapat terlibat aktif dalam kegiatan Hari Pramuka Tahun 2020 tersebut” Ungkap Kak Gusman.,S.Pd.,LG.

Kegiatan Ulang Janji Pramuka oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo rencananya akan di Gelar pada Hari Kamis, 13 Agustus 2020, Pukul 20.30 WITA, bertempat di Halaan Gedung PGRI Kab. Wajo baik secara Daring/On Line maupung Luring/Off Line.

Tema yang diusung pada Kegiatan Hari Pramuka Tahun 202 adalah “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”. Dengan Tagline “Terus Bergerak” .
( Kak Sakti, Scout Journalist)

Editor: Supardi, SE.

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

Berita

Bupati Sidrap Serahkan Kendaraan Operasional Kemetrologian

Berita

Waspada, Belasan Pengunjung Pasar di Sidrap Diganjar Sanksi

Berita

Satgas TMMD 108 Kodim Jeneponto Ajari Anak-anak Mengaji

Berita

Putus Mata Rantai Covid-19, Babinsa Lembah Subur Koramil 1412-01/Tirawuta Gelar Penyemprotan ke Rumah Warga

Berita

Resmi Dibuka Pagelaran Seni Beladiri Tapak Suci Muhammadyah Oleh Danrem 142/Tatag

Berita

Bhabinkamtibmas Kelurahan Canrego Dampingi Penyerahan Bantuan Sosial Di Wilayah Binaannya

Berita

Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid 19), Polri-TNI Bersama PEMDES Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Berita

Tingkatkan Kebugaran Anggotanya, Wakapolres Luwu Timur Pimpin Olahraga Pagi