Home / HEADLINE / Pinrang

Sabtu, 12 September 2020 - 19:34 WIB

Pinrang dari Dekat

Berita ini 182 kali dibaca

Katasulsel.com — Kabupaten Pinrang adalah salah satu daerah yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel)

Daerah ini, terletak di utara Sulsel, berkisar 185 kilomter (Km) dari Kota Makassar, ibu kota Sulsel.

Pinrang berada pada posisi 3°19’13” hingga 4°10’30” lintang selatan dan 119°26’30” sampai 119°47’20” bujur timur.

Secara administratif, daerah ini terdiri dari 12 kecamatan, 39 kelurahan dan 65 desa.

Adapun batas wilayah daerah ini, sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Tana Toraja, sebelah Timur dengan Kabupaten Sidenreng Rappang (sidrap) dan Enrekang, sebelah Barat Kabupaten Polmas Provinsi Sulawesi Barat dan Selat Makassar, dan sebelah Selatan dengan Kota Parepare.

Daerah yang kini dipimpin oleh Bupati bernama H Andi Irwan Hamid dan Wakil Bupati H Alimin itu, memiliki luas mencapai 1.961,77 km².

Yang menarik dari daerah yang banyak melahirkan pedagang ulung ini, sebab juga memiliki garis pantai sepanjang 93 Km

Hal itu menyebabkan adanya areal pertambakan sepanjang pantai. Lalu, pada dataran rendah didominasi oleh areal persawahan, bahkan sampai perbukitan dan pegunungan.

Tentu, kondisi itu mendukung daerah tersebut sebagai daerah potensial untuk sektor pertanian dan memungkinkan berbagai komoditi pertanian (Tanaman Pangan, perikanan, perkebunan dan Peternakan) untuk dikembangkan.

Ketinggian wilayah 0–500 mdpl ( 60,41%), ketinggian 500–1000 mdpl ( 19,69% ) dan ketinggian 1000 mdpl (9,90%)

Mengusung visi “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pinrang yang Sejahtera, Religius, Harmonis, Mandiri dan Tangguh Mengelola Potensi Daerah” H Andi Irwan Hamid selaku bupati dan wakilnya H Alimin terus menata dan memajukan daerah ini

Untuk mencapai visi tersebut, pemerintah daerah berupaya menjabarkan melalui misi, antara lain ; Memantapkan sistem birokrasi yang baik dan akuntabel serta berorientasi pelayanan prima dengan didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi.

Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui optimalisasi pelayanan pada bidang pendidikan dan kesehatan

Memperkuat peran lembaga sosial-kemasyarakatan dalam pembangunan daerah secara umum dan pembentukan karakter masyarakat secara khusus

Pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan secara berkelanjutan

Melanjutkan, mengembangkan, memperbaiki, memelihara dan mengatasi kesenjangan infrastruktur dan sarana/prasarana publik, terutama di wilayah pegunungan Pinrang Utara.

Meningkatkan kemampuan masyarakat bersama pemerintah dalam mengelola sumber daya alam dan lingkungan hidup untuk pelestarian ekosistem, pengurangan resiko bencana dan adaptasi perubahan iklim

Membangun pusat pendidikan, pelatihan dan pengembangan pertanian terapan dalam mendukung Kabupaten Pinrang sebagai Poros Utama Pemenuhan Pangan Nasional serta Kawasan Pengembangan Ekonomi sejumlah Komoditas Unggulan

Untuk tercapainya visi-misi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang saat ini menciptakan sejumlah inovasi layanan unggulan.

Dari sekian layanan unggulan tersebut, media ini mencatat sedikitnya empat layanan unggulan yang saat ini dinilai sangat bermanfaat untuk masyarakat

Adapun ke empat layanan unggulan Pemkab Pinrang tersebut, masing-masing Jendela Lasinrang, Pindu, PSC 119 Pinrang, serta Talkshow.

Jendela Lasinrang ddalah dashboard layar lebar yang digunakan untuk menampilkan aplikasi yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Pinrang untuk membantu pimpinan daerah mengambil kebijakan.

Kemudian, PINDU adalah Singkatan dari Pusat Informasi dan Pengaduan, program ini membantu masyarakat untuk menyampaikan berbagai Keluhan terkait keadaan di wilayahnya, Program ini langsung diteruskan kepada pejabat berwenang dan di pantau langsung oleh Pimpinan Daerah

Sedangkan PSC 119 Pinrang adalah layanan kegawatdaruratan dengan tenaga medis yang terlatih untuk menangani Kondisi darurat yang dibekali oengetahuan Penanganan Bantuan Hidup Dasar kepada Korban sebelum ditangani oleh Fasilitas Kesehatan yang lebih lengkap.

Terakhir, talkshow merupakan program bulanan yang diselenggarakan untuk menyerap aspirasi masyarakat, dalam program ini, masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan narasumber utama, termasuk bupati dan wakil bupati (redaksi)

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

HEADLINE

Dihantam “Batu Cincin”, Zulaeha Tewas Ditangan Dosen Olah Raga UNM

HEADLINE

Askab PSSI Sidrap Siap Gelar Kongres

Pinrang

Sambangi Warga, Bhabinkamtibmas Polsek Patampanua Brigadir Hendra Himbau Cegah Penyebaran Virus Corona

HEADLINE

Ikannya Hilang Entah Kemana, Lelang Ongko di Soppeng Tak Diminati

HEADLINE

Aliansi Mahasiswa Sidrap Unjuk Rasa, Tuntut Perbaikan Ekonomi Nasional

HEADLINE

Warga Pesisir Danau Sidrap Mulai Dikepung Banjir

HEADLINE

Polres Soppeng Antisipasi Pembobolan ATM

HEADLINE

Witarsa : Polisi Suka Main Gertak Itu Kebablasan, Tak Zaman Lagi Bro!