Home / Berita

Rabu, 16 September 2020 - 13:36 WIB

Belasan Warga Tertular Covid-19, Ini Penegasan Kapolsek Tellu Limpoe Sidrap

Berita ini 314 kali dibaca

Katasulsel.com — Pemerintah Kelurahan (Pemlur) Arateng, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidrap, melakukan pertemuan penting di kantornya, Rabu, 16 September 2020.

Pertemuan yang membahas tentang perlunya pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 di wilayah itu, dipimpin langsung Lurah Arateng, Andi Atika.

Hadir dalam acara itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Tellu Limpoe, Asbudi, Kapolsek Tellu Limpoe, Iptu Zakaria, Plt Danramil Tellu Limpoe, Pelda Abdul Majid, Kepala Puskesmas Amparita, Andi Palla serta sejumlah tokoh masyarakat, agama, adat, serta pemuda di wilayah itu.

Sekcam Tellu Limpoe, Asbudi dalam arahannya mengatakan, pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan Covid-19 di Tellu Limpoe, utamanya di Kelurahan Arateng, sudah tak bisa ditawar-tawar lagi.

Asumisnya, telah terjadi penularan Covid-19 yang dibuktikan dengan adanya beberapa warga yang telah tertular

Menurutnya, pemerintah kecamatan bersama dengan unsur tripika lainnya, plus puskesmas di wilayah ini, selama ini sangat aktif melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan, meski demikian itu bukan jaminan warga terbebas dari penularan, terlebih jika warga tidak patuh menjalankan protokol kesehatan

Sementara itu, Kapolsek Tellu Limpoe, Iptu Zakaria menerangkan, saat ini pemerintah dibantu Polri-TNI, sedang giat-giatnya melakukan upaya pemutsuan mata rantai penularan Covid-19 dengan mengacu pada Inpres No 6 Tahun 2020 yang ditindaklanjuti dengan pergub dan perbup.

“Asal bapak dan ibu serta saudara-saudara ketahui bahwa di Sidrap ini sudah ada Perbup No32 Tahun 2020 tentang penerapan dan penegakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan sesuai standar pencegahan dan penanganan Covid-19,” kata Iptu Zakaria.

Menurutnya, perbup tersebut masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat. Namun mulai 20 September 2020 mendatang, perbup tersebut sudah mulai berlaku efektif, “Ingat-ki, disitu ada ketentuan sanksi/denda, jangan sampai tidak pakai masker-ki!,” tegasnya

Senada disampaikan Lurah Arateng, Andi Atika. Menurutnya, sebagai unsur pelaksana pemerintahan di tingkat kelurahan, pihaknya selama ini terus berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, tripika dan juga terjun langsung ke masyarakat dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19.

Namun demikian, kata dia, semua itu tak berarti tanpa adanya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat, sebut Andi Atika adalah kunci utama dalam pemutusan mata rantai penularan virus itu.

Meningkatnya angka penderita Covid-19 di Kecamatan Tellu Limpoe itu, dibenarkan Kepala Puskesmas Amparita Andi Palla, didampingi TGC Puskesmas Tellu Limpoe, Hj Masnia saat hadir di acara itu

Dia menyebut, total warga Tellu Limpoe yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 hingga saat ini sudah mencapai belasan orang. Termasuk ada beberapa orang dari Kelurahan Arateng.

“Jumlah warga yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 di Tellu Limpoe itu jumlahnya sudah belasan orang meski sudah ada beberapa orang diantaranya sudah sembuh dan sisanya menjalani isolasi mandiri dan dalam penanganan medis,” katanya.

Menurutnya, pendisiplinan protokol kesehatan di Tellu Limpoe, memang sudah harus dilakukan. Tujuannya, agar warga lebih patuh lagi memakai masker, sering cuci tangan dan menjaga jarak agar mereka terhindar dari penularan Covid-19.

Lebih jauh Andi Palla mengatakan, pihaknya tidak henti-hentinya melakukan upaya pencegahan serta penindakan medis dalam rangka memutus mara rantai penularan Covid-19. (yas)

Bagikan Berita Ini :

Baca Berita Lainnya :

Berita

Bupati Sidrap Sampaikan Poin Penting dari Acara Rakor Pilkada Serentak

Berita

Bhabinkamtibmas Takalar Rajin Sosialisasi Bermasker

Berita

Agar Tidak Terjebak Macet, ini Pesan Kapolres Sidrap Kepada Pemudik

Berita

Bhabinkamtibmas Desa Bontokassi Polsek Galsel Polres Takalar Dengan Babinsa Dan Perangkat Desa Bersinergi Kembali Lakukan Penyemprotan Disenfectan

Berita

Bernostalgia, Kompol A Jamaluddin : Pernah di Enrekang, Saya Asli Pinrang

Berita

Ikan Mati Gemparkan Masyarakat Bulukumba, Begini Keterangan BKIPM!

Berita

Antisipasi Corona, Peserta Seleksi Penerimaan Terpadu Calon Anggota Polri T.A. 2020 Polda Sulsel Laksanakan Verifikasi Secara Online

Berita

Kapolres Sidrap Ajak Keluarga Mancing Ikan di Akhir Pekan