Lima Orang Sudah Dipecat, Ini Hasil Tes Urine dan Air Liur Personel Polres Sidrap

  • Bagikan

Katasulsel.com Sidrap — Uji narkoba ramai-ramai dilakukan seluruh jajaran Polri. Tujuannya tidak lain, ingin membersihkan diri dari pengaruh narkoba.

Di Polres Sidrap misalnya, pengujian narkoba berlangsung selama dua hari di Mako Polres Sidrap, dimulai Rabu, 23 Februari 2021.

Dalam pemeriksaan mendadak itu, menyasar sedikitnya 52 personel yang kebetulan ada di lingkungan Makopolres,  meliputi 20 orang anggota Satnarkoba (lengkap), Reskrim 12 orang dari 33 personil, Polsek Pitu Riase 3 orang hadir, Polsek Maritengngae 4 Orang hadir, Polsek Panca Rijang 3 orang hadir.

Begitupula personil Polsek Watang Pulu juga 3 orang hadir serta Personil Polsek Tellu Limpoe berjumlah 3 orang hadir, termasuk Personil Mapolsek Panca Lautang hanya 3 orang hadir dan Polsek Dua Pitue Jumlah 5 orang hadir.

Kapolres Sidrap AKBP Leonardo Panji Wahyudi SIK memimpin langsung pengujian itu. Ia bahkan menjadi orang pertama yang jalani pengujian.

Menurutnya, pemeriksaan internal terhadap penyalahgunaan narkoba itu sebagai upaya mendukung program 100 hari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo

“Kita tahu, Sidrap merupakan salah satu daerah terbesar pengungkapan penyalahgunaan narkoba di jajaran Polda Sulsel. Apalagi, kami sangat tegas kepada siapapun personel kami yang terbukti terlibat narkoba, sanksi berat menantinya. Kita sudah ada lima orang personel yang dipecat melalui Pemberhentian Dengan Tidak Hormat atau PTDH,” tegas mantan Kapolres Luwu Timur ini.

Terpisah, Kasat ResNarkoba AKP Andi Sofyan,SH,SIK, menambahkan kegiatan pemeriksaan Narkoba di internal Polres Sidrap itu dilakukan oleh Urkes Polres Sidrap dengan menggunakan dua metode yakni tes urine dan tes air liur.

Pada pemeriksaan itu pula, kata AKP Andi Sofyan, pemeriksaan menggunakan Rapid Diagnostic Test atau alat Test Urine ini cukup efektif dalam mendeteksi personel menyalahgunakan narkoba.

Namun jika ada yang hasilnya positif dengan alat ini kemudian dilakulan tes ulang dengan menggunakan alat DrugWipe R6.S dengan cara pemeriksaan dengan air ludah terhadap personil yang diperiksa.

“Semua pemeriksaan diawasi ketat oleh Urkes Bagian Sumda Polres Sidrap bersama Propam serta personil Sipropam Polres Sidrap. Ini benar-benar murni tidak ada yang bisa lolos jika ada anggota dicuriag pengguna. Tapi Alhamdulillah, semua hasil menunjukkan negatif,”tandas Andi Sofyan yang juga mantan Kasat ResNarkoba Polres Pinrang ini.

Adapun perwira pengawas lainnya, selain dipimpin langsung Kapolres Sidrap, turut hadir dalam pemeriksaaan narkoba selama dua itu diantaranya Waka Polres Sidrap Kompol Ishak Ifa, S. Sos, MM, Kabag Sumda Kompol Sudirno, SH, Kasat Reskrim AKP Benny Pornika, SIK, Kasat Narkoba AKP Andi Sofyan,. SIK,SH, Kasi Propam IPTU Bahri, dan para Kapolsek se-Jajaran Polres Sidrap, Para Perwira, PS Paurkes Bag Sumda Polres Sidrap dan Bintara Personil Sat Reskrim dan Sat Resnarkoba. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *