Varian Delta Masuk Sulsel, Dr Ishak : Warga Sidrap Lindungi Diri dan Keluarga

  • Bagikan
Dr ISHAK KENRE SKM MKes

SIDRAP — Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Sidrap, Dr Ishak Kenre SKM MKes kembali mengingatkan warga akan tingginya ancaman coronavirus (Covid-19).

Menurutnya, situasi Covid-19 saat ini, lebih parah di bandingkan periode yang lalu. Di Juni-Juli 2020, itu hanya 60 kasus, sedang di Juni-Juli 2021 ini, totalnya sudah 111 kasus.

“Belum lagi, virus corona varian Delta sudah masuk di Sulsel. Sekarang ini terjadi penularan yang begitu cepat dan lebih ganas,” ujar Dr Ishak, di kantornya, Sabtu, 17 Juli 2021.

Masuknya varian Delta di Sulsel itu, juga sama yang pernah diutarakan Pakar Epidemiolog Sulawesi Selatan, Prof Ridwan Amiruddin beberapa waktu lalu.

Prof Ridwan dalam komentarnya di berbagai media menyebutkan, sudah ada 11 orang warga Sulsel yang terinfeksi jenis virus ganas itu sesuai pemeriksaan dari Litbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Itu sebaiknya menjadi warning bagi kita semua, termasuk warga Sidrap tentunya. Jadi saya minta-ki tingkatkan kewaspadaan-ta, lindungi diri-ta dan keluarga-ta,” pintanya.

Dr Ishak menyampaikan, ada beberapa kasus berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi dan pengambilan data saat Swab PCR, diketahui tidak memiliki catatan riwayat perjalanan maupun kontak erat.

Meski begitu, kata Dr Ishak, yang diperiksa kemudian hasilnya reaktif dan positif terkonfirmasi Covid-19.

Äpa artinya? Itu berarti kemungkinan besar mereka tertular dari penderita yang tidak ia sangka-sangka karena yang menularinya itu dari orang tanpa gejala (OTG). Parahnya lagi kalau mereka langsung masuk ke rumah dan beriteraksi dengan istri dan anak-anaknya, itu sangat berbahaya” kata Dr Ishak.

Hal penting lainnya diutarakan Dr Ishak, perlunya kepatuhan tinggal di rumah, terutama bagi lanjut usia (Lansia) dan punya komorbid (penyakit penyerta)

Untuk menghindarinya, terang Dr Ishak, semua warga diimbau untuk patuh menerapkan protokol kesehatan (protokol kesehatan).

“Jangan kendor hidup sehat. Terus bermasker, jaga imunitas tubuh kita dan jangan lupa perbanyak berdo’a agar kita semuanya terhindar dari tularan virus ganas itu,” aku Dr Ishak (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *