Polres Sidrap – Mengenang Jasa Para Pahlawan Republik Indonesia, Kapolres Sidrap AKBP Ponco Indriyo. S.I.K., M.H, bersama personil Polres Sidrap mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021, bertempat di halaman kantor SKPD Kab. Sidrap, Rabu (10/11/21) pagi.

Tanggal 10 November, merupakan Hari Pahlawan yang selalu di peringati Bangsa Indonesia sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma Bangsa.

Upacara di mulai pukul 07.00 Wita di pimpin oleh Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf. Dodi Nurhidayat bertindak sebagai Inspektur Upacara, Upacara tersebut di ikuti oleh para Pejabat Utama Pemkab, Pejabat Utama Polres dan Kodim Veteran serta Personil TNI, Polri, Dishub, Damkar, Satpol-PP serta ASN dengan tetap mengedepan Protokol Kesehatan.

Adapun susunan upacara terdiri dari pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, di lanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, teks pembukaan UUD 1945 dan pembacaan pesan pesan Pahlawan serta Amanat Inspektur Upacara.

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 yang mengambil tema “Pahlawanku Inspirasiku“, di harapkan setiap insan masyarakat Indonesia memiliki semangat kepahlawanan dan terinspirasi hatinya untuk berjuang membangun Negeri menuju Indonesia maju.

Kapolres Sidrap AKBP Ponco Indriyo. S.I.K., M.H saat di konfirmasi mengatakan bahwa peringatan hari Pahlawan sebagai momen refleksi untuk mengenang atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Hari Pahlawan yang di peringati di dasarkan pada peristiwa terhebat dalam riwayat sejarah Dekolonisasi dunia, yakni “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional,

Melalui momentum peringatan hari Pahlawan 10 November 2021, Di harapkan keteladanan para pahlawan menjadi modal bagi segenap komponen bangsa dalam menjaga, memelihara, dan memperkokoh persatuan dalam membangun negeri.

Dengan menjadi Pahlawan masa kini, maka setiap insan masyarakat Indonesia kiranya dapat menjaga keharmonisan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara kesatuan RI dengan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara di atas kepetingan pribadi dan golongan.

Yang mana dapat di mulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal dan sebagainya, kiranya semangat pahlawan selalu bersemayam di hati sanubari kita semua, “Selamat Hari Pahlawan Tahun 2021, Merdeka, ” Ucap Kapolres Sidrap. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com