SIDRAP — Memasuki hari terakhir pelatihan kader bela negara di SMK Negeri 1 Sidrap, Kodim 1420 Sidrap menggelar kegiatan Outbond kepada para peserta di Pelataran Monumen Ganggawa Kelurahan Pangkajene Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap, Sabtu (19/03/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut berlangsung mulai pagi hingga sore hari, dengan berbagai materi latihan luar yang diberikan kepada para peserta.

Saat ditemui, Babinsa Ramil 1420-03, Serma Muh. Yunus yang juga merupakan penanggung jawab pelatihan mengatakan pada hari ke tiga pelatihan kader bela negara siswa SMK Negeri 1 Sidrap ini, para siswa peserta pelatihan menerima pembelajaran di alam luar.

“Dengan materi rayapan tali satu, kemudian jembatan tali satu dilanjutkan melintasi jaring pendarat dan yang terakhir melaksanakan penyebrangan basah,”Jelasnya.

Lanjutnya, Pelatihan tersebut dikemas dalam kegiatan Outbound untuk melatih fisik dan mental para siswa, sehingga terbentuk menjadi generasi muda yang tahan mental dan bisa melakukan kegiatan-kegiatan fisik yang terukur.

Yang pada akhirnya akan terbentuk kepribadian mereka menjadi pemuda dan pemudi yang tangguh dan berkarakter, sehingga dapat diandalkan menjadi kader bela negara untuk rekan-rekannya dilingkungan sekolah maupun keluarga.

“Dan itu merupakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya.

Selain itu, Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf Dodi Nur Hidayat ditempat terpisah mengatakan kegiatan tersebut merupakan metode pembinaan teritorial Kodim 1420 Sidrap dalam meningkatkan kesadaran para siswa akan bela negara

“Sehingga melalui kegiatan tersebut, para generasi muda dapat mengetahui betapa pentingnya bela negara dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI,”Ujarnya.

Terlihat dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh Plt, Kepala UPT SMKN 1 Sidrap, Nurul Hasanah Yusuf, Wakasek Urusan Kesiswaan serta para guru pembimbing SMKN 1 Sidrap.

“Terimakasih bapak TNI. Apa yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter anak-anak didik kami. Sekali lagi terimakasih bapak Babinsa,” ujar Nurul Hasanah Yusuf (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com