banner 650x65

Katasulsel.com, Soppeng — Tak banyak yang tahu, Soppeng kini memiliki desa cantik. Namanya, Desa Pesse.

Desa ini, terletak di sebuah wilayah di Kecamatan Donri-donri. Adapun desa cantik ini digagas oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Soppeng.

Penamaan Desa Pesse sebagai desa cantik ini, telah dinobatkan, Senin, 22/8. Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak dan Ketua DPRD Soppeng, Syahruddin M Adam dan Kepala BPS Soppeng, Muhlis, hadir

Kepala Desa Pesse, Andi Fatmawati juga terlihat hadir di acara launching desa cantik itu

Andi Fatmawati menerangkan, desa cantik itu, singkatan dari Desa Cinta Statistik

“Desa Cantik ini, merupakan program percepatan penguatan statistik sektoral secara nasional yang dilaksanakan pada tingkat pemerintahan terkecil dan sekaligus sebagai salah satu implementasi program Satu Data Indonesia,” katanya

Sebagai salah satu bentuk pemerintahan terkecil di Soppeng, terangnya, Desa Pesse memiliki potensi baik sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) yang memadai

Hanya saja, untuk memastikan SDA dan SDM Desa Pesse senantiasa maju dan berkembang ke arah yang lebih baik, kata dia, dibutuhkan perencanaan yang matang.

“Perencanaan yang matang ini, juga perlu disokong oleh data dan informasi yang berkualitas, makanya melalui Desa Cantik ini diharapkan impian-impian itu bisa terwujud,” katanya

Duiatakannya, segenap SDA dan SDM yang dimiliki Desa Pesse itu, merupakan potensi desa sebagai modal dasar yang nantinya dapat dikelola dan juga dikembangkan demi kepentingan, keberlangsungan dan perkembangan desa Pesse.

Dalam empat tahun terakhir, bebernya, Badan Pusat Statistik (BPS) secara rutin menyelenggaraan pendataan Potensi Desa setiap tahun, yakni pada tahun 2018, 2019, 2020, dan 2021.

Salah satu tujuan pendataan Potensi Desa adalah untuk menyediakan data tentang keberadaan, ketersediaan dan perkembangan potensi yang dimiliki setiap wilayah administrasi pemerintahan yang meliputi: sarana dan prasarana wilayah serta potensi ekonomi, sosial, budaya, dan aspek kehidupan masyarakat lainnya untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan perencanaan wilayah di tingkat nasional dan daerah.

Dalam hal ini, pendataan Potensi Desa dapat memberikan manfaat bagi desa Pesse sebagai penyedia data yang berkelanjutan bagi perencanaan dan pembangunan ekonomi, sosial, budaya dan aspek kehidupan masyarakat lainnya di desa Pesse.

Tidak dapat dipungkiri data-data yang dihasilkan desa/ kelurahan masih perlu ditingkatkan kualitasnya.

Data-data tersebut, sambungnya, sebagian besar didapatkan melalui administrasi dan pencatatan sehari-hari di kantor desa/ kelurahan. Pencatatan yang tidak rapi dan apa adanya, tidak konsisten dari waktu ke waktu serta sebagian besar belum terkomputerisasi dan sistematis, menjadi beberapa penyebab data yang dihasilkan desa/ kelurahan masih berkualitas rendah dan belum bisa menjadi acuan yang baik bagi perencanaan dan pembangunan desa/ kelurahan.

Program Desa Cantik yang diselenggarakan BPS Kabupaten Soppeng diharapkan mampu meningkatkan kualitas data di desa Pesse melalui pembinaan statistik bagi SDM di desa Pesse dan penyediaan platform Pusat Pelayanan dan Informasi Desa Pesse.

Diintegrasikan dengan pendataan Potensi Desa yang bertajuk Pendataan Potensi Desa Mandiri, pembinaan desa cantik di desa Pesse diharapkan dapat menghasilkan data statistik yang berkualitas dan mampu menggambarkan potensi desa Pesse secara akurat.

Pendataan Potensi Desa Mandiri merupakan kegiatan pengumpulan seluruh data yang dibutuhkan desa Pesse bagi perencanaan dan pembangunan di desa Pesse.

Memanfaatkan data hasil pendataan Potensi Desa yang diselenggarakan empat tahun terakhir sebagai data dasar, pendataan Potensi Desa Mandiri pada tahun 2022 dan tahun-tahun selanjutnya diharapkan mampu mencakup seluruh kebutuhan data di desa Pesse baik yang dibutuhkan pemerintah desa maupun masyarakat desa Pesse pada umumnya.

Platform Pusat Pelayanan dan Informasi Desa Pesse yang dibangun oleh BPS Kabupaten Soppeng diharapkan mampu menjadi wadah bagi pengumpulan data dan diseminasi hasil kegiatan Potensi Desa Mandiri desa Pesse.

Nantinya hasil pembinaan Desa Cantik diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan SDM desa Pesse untuk dapat memutakhirkan data Potensi Desanya secara mandiri dan mampu mendiseminasikan data Potensi Desa tersebut untuk kepentingan perencanaan dan pembangunan desa Pesse serta kebermanfaatan secara luas untuk masyarakat desa Pesse.(*)

banner 650x650