banner 650x65

Katasulsel.com, Enrekang – Wakil Bupati Enrekang Asman menghadiri High Level Meeting Tim Pengendali inflasi Daerah (TPID) 2022. Acara ini berlangsung di Hotel Claro Makassar, Selasa 11 Oktober 2022.

High Level meeting ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Turut hadir para Kepala Daerah se Sulawesi Selatan.

Asman menguraikan, high level meeting ini membahas setidaknya 3 poin. Pertama, pengendalian Inflasi di daerah; kedua, tindak lanjut aksi afirmasi bangga buatan Indonesia; dan ketiga, penyesaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Gubernur menjelaskan sejumlah upaya yang dilakukan Pemprov Sulsel untuk program pengendalian inflasi baik jangka pendek dan panjang pada hulu, antara, hilir dan konsumen. Seperti gerakan tanam panen cepat serta pengawasan berupa monitoring BBM Bersubsidi Tepat Sasaran dan mengaktifkan satgas pangan

“Sesuai pesan presiden dan gubernur, kunci pengendalian inflasi ini ada pada kerjasama antar daerah,” kata Asman.

Ia juga menjamin seluruh sektor yang terdampak inflasi mendapatkan intervensi APBD sebagaimana amanat presiden. Utamanya perencanaan anggaran tahun depan yang banyak menyentuh masyarakat.

Pemkab Enrekang juga siap mendorong penggunaan produk dalam negeri sebagai bagian Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia. Termasuk di tingkat OPD.

Untuk pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem diantaranya: Pengurangan Beban Pengeluaran Masyarakat; Penurunan Jumlah Kantong Kemiskinan; dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat seperti peningkatan produktivitas petani dengan program mandiri benih yang memanfaatkan bibit yang diproduksi oleh petani lokal dengan sistem padat karya. (*)

banner 650x650