banner 650x65

Ditulis oleh : Susi
Mahasiswi : Akuntansi
Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

Teknologi informasi akuntansi mempunyai manfaat yang sangat bagus,terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan. Dengan cara menggunakan teknologi informasi akuntansi, perusahaan dagang dapat mengkontrol stok barang dagangnya, mengelola suatu pemasukan dan pengeluaran suatu barang, dan melaporkan hasil keuangan penjualan disatu bulan dengan mudah, cepat, dan akurat.

Berikut pentingnya sistem informasi akuntansi
Dibuatnya sistem informasi akuntansi memiliki tujuan yang pasti, terutama bagi perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan. Berikut tujuannya :

banner 650x650
  1. Mengumpulkan dan menyimpan segala data aktivitas pemasukan barang dan transaksi yang telah terjadi.
    Contohnya :
    PT. DAESANG AGUNG INDONESIA mengirimkan sejumlah barang ke SUPERSTORE GRAND LUCKY untuk dijual kembali. Tentunya ada prosedurnya yaitu :
  2. Grand Lucky membuat Purchase Order (PO) lalu dikirim kan PO tersebut ke email PT. Daesang agung indonesia tersebut.
  3. PT. Daesang agung indonesia menginput PO tersebut,lalu membuat faktur surat jalan barang yang akan dikirimkan ke Grand lucky superstore.
  4. Selanjutnya PT. Daesang agung memberikan Faktur penjualan kepada Bagian Reciving Grand lucky untuk di cek dan di input barang yang datang.
  5. Untuk pembayaran PO, jatuh tempo 14 hari setelah pengiriman barang.

Dari prosedur tersebut aktivitas pemasukan barang dan transaksi PO di input didalam sistem informasi akuntansi. Sehingga perusahaan dagang dapat mengkontrol stok barang dagangnya,jika terjadi selisih harga dan barang akan mudah diketahui dengan cepat dan akurat.

  1. Menjalankan proses semua data yang terkumpul agar menjadi sebuah informasi yang bisa mendukung dalam proses transaksi suatu perusahaan dagang. Jika terjadi suatu kesalahan di dalam penginputan maka data-data yang sudah terkumpul bisa diperbaiki dalam SIA.
  2. Pentingnya meng kontrol semua aset perusahaan. Agar aset suatu perusahaan dapat terpelihara.

Elemen penting sistem informasi akuntansi diperusahaan dagang :

Elemen Sistem Informasi Akuntansi yaitu Perkumpulan dari beberapa elemen yang menjadi satu kesatuan yang saling terikat satu sama lain dan terbentuklah sistem informasi akuntansi sebuah perusahaan. Diawali dari data yang diinput oleh manusia kemudian dilakukan pemrosesan data sesuai prosedur yang berlaku sehingga hasilnya akan berupa informasi akuntansi. Agar hasil dari informasi akuntansi bisa akurat dan aktual, maka seluruh elemen SIA harus terintegrasi dengan baik dan benar.

Berikut elemen-elemen dalam SIA :

  1. Manusia, merupakan penggerak operator dari sistem tersebut.
  2. Transaksi, merupakan data yang diinput kemudian dilakukan pemrosesan sehingga menghasilkan informasi.
  3. Prosedur, merupakan aturan suatu langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan transaksi perusahaan.
  4. Dokumen, merupakan formulir yang berfungsi untuk sarana pencatatan saat transaksi terjadi.
  5. Peralatan, merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk pencatatan pada sistem informasi akuntansi.

Laporan keuangan penjualan :

  1. Kontrol pendapatan.
    Semua transaksi yang terjadi dari penjualan harian, retur penjualan, dan transaksi lainnya yang berkaitan dengan masuknya pendapatan.
  2. Kontrol pengeluaran.
    Semua transaksi yang terjadi dalam pembelian, retur pembelian, biaya-biaya, dan transaksi lainnya terkait dengan pengeluaran. Pembayaran gaji dan pembelian aset tetap juga masuk dalam pengeluaran.

Dengan adanya SIA yang baik, perusahaan dapat melakukan proses operasi maupun informasi dengan lebih efektif dan efisien karena adanya pengendalian yang mengendalikan proses-proses tersebut sehingga hasil yang dicapai dapat sesuai dengan tujuan perusahaan.

banner 650x650