banner 650x65

Makassar Senantiasa berbuat baik. Ia juga mengabdi dengan tulus sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Dia adalah Supiadi Ummareng. Per 1 Januari 2023, Ia resmi menyandang pangkat terbarunya sebagai Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Sebagai perwira pertama polisi di Polres Sidrap, Supiadi Ummareng dikenal sebagai anggota polisi yang jujur. Integritasnya sebagai polisi, diakui di lingkungan kerjanya.

Menyamai Jenderal (Purn) Hoegeng Imam Santoso yang merupakan Kapolri ke-5, tentu tidak. Tapi apa yang ditunjukkan Supiadi Ummareng dalam karirnya, setidaknya bisa menjadi panutan bagi polisi-polisi yang lain.

Disiplin, jujur dan sabar, menyatu dalam diri Supiadi Ummareng dalam mengemban amanah sebagai Ps. Kasat Samapta Polres Sidrap.

Lulus dari SMKN 1 Pangsid (Dulu bernama SMEA) tahun 1885, Supiadi Ummareng memutuskan untuk jadi polisi

Hanya saja, Supiadi Ummareng kala itu belum beruntung. Ia dinyatakan tidak lulus dalam seleksi penerimaan anggota Polri pad Sekolah Calon Bintara (Secaba)

Namun beberapa tahun kemudian, keinginan Supiadi Ummareng menjadi anggota Polri, akhirnya terwujud. Ia dinyatakan diterima sebagai Bintara Polri

Supiadi Ummareng mengawali karir kepolisiannya 4 November 1991 dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda). Ini adalah Bintara tingkat satu di tubuh Polri, atau dulu dikenal Sersan Dua (Serda)

Tahun 1997, Supiadi Ummareng naik pangkat menjadi Brigadir Polisi Satu (Briptu), lalu 2001 berpangkat Brigadir dan di 2005 menyandang pangkat Bripka.

Lima tahun mengabdi, Supiadi Ummareng akhirnya sukses di Bintara Tinggi tingkat satu Polri dengan pangkat Ajun Inspektur Polisi Dua (AIPDA).

Kemudian tahun 2012, Supiadi Ummareng kembali menerima kenaikan pangkat dari AIPDA menjadi AIPTU.

Karir kepangkatan Supiadi Ummareng tidak sampai disitu, di tahun 2015, ia resmi menjadi Perwira Pertama dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA)

Berkat prestasi kerja dan pengabdiannya, Supiadi Ummareng lalu mendapatkan pangkat Inspektur Polisi Satu (IPTU) tahun 2019

Terbaru, 1 Januari 2023, Supiadi Ummareng naik pangkat lagi dan resmi menyandang pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Bagi Supiadi Ummareng, semua itu tidak didapatkannya begitu saja, perlu kesabaran dan juga prestasi di dalam menjalankan tugas sebagai anggota Polri.

Sejauh ini, Supiadi Ummareng telah memiliki empat tanda jasa, masing-masing tanda jasa GOM IX / RAKSAKA DHARMA (1995), SATYA LENCANA KESETIAAN 8 TAHUN (1999), SATYA LENCANA KESETIAAN 16 TAHUN (2008) dan SATYA LENCANA KESETIAAN 24 TAHUN (2019)

Selanjutnya untuk riwayat penugasan, Supiadi Ummareng pernah bertugas di Polres Jayapura dengan jabatan BA SAT Sabhara (1992)

Kemudian berpindah tugas ke Polsek Waris Polres Jayapura masih dengan jabatan BA Polsek (1992)

Dua tahun kemudian (1994), ia ditarik bertugas sebagai BA Staf Paatkat Bag Dalkar Dit Pers Polda Irja dan seterusnya.

Tahun 2006, Supiadi Ummareng memutuskan untuk kembali ke Sulawesi Selatan (Sulsel) dan mengabdi sebagai BA di Polda Sulsel dan di 2017 dipercaya sebagai PANIT 1 Lantas Polsek Rappocini Polrestabes Makassar.

Lalu setahun kemudian, Supiadi Ummareng diangkat sebagai Ps. Kanit Sabhara Polsek Mamajang Polrestabes Makassar dan 2021 diberi amanah sebagai Ps Kasat Samapta Polres Sidrap hingga sekarang.(*)

banner 650x900