banner 650x65

Kerap Meluap, Proyek Revitalisasi Danau Sidenreng Sidrap Dicap Gagal

Katasulselcom Sidrap – Masih ingat dengan proyek revitalisasi perairan Danau Sidenreng Sidrap Sulawesi Selatan (Sulsel) 2017 silam?

Proyek pemerintah pusat yang menelan APBN puluhan miliar rupiah tersebut, dicap gagal total.

banner 700x300 banner 700x300 banner 700x300

“Gagal total, buktinya pasca proyek itu dikerjakan sama sekali tidak bisa mengatasi dampak yang selama ini ditimbulkan oleh Danau Sidenreng. Sedikit-sedikit airnya meluap dan banjir,” ujar penggiat lingkungan hidup asal Makassar, Muhammad Nursyam Amdani, Sabtu, 21 Januari 2023.

Padahal, kata Nursyam, mega proyek tersebut dulu digadang-gadang mengatasi luapan air. Sebab, konsentrasinya mengangat endapan lumpur yang diklaim sebagai penyebab dangkalnya danau. Lantas apa akhirnya, tidak berpengaruh.

Nursyam mengklaim, ada yang salah dengan teknis penanganan banjir akibat tingginya sedimentasi sungai dan danau di Bumi Nene Mallomo tersebut sehingga tidak memberi efek positif sedikitpun dalam mengatasi luapan air

“Sampai saat ini banjir teruskan, sedikit-sedikit malah airnya meluap, bahkan bisa dianggap lebih parah dari tahun tahun sebelum dikerjakan, ” ujar Nursyam.

Kegiatan revitalisasi danau dibagian selatan Sidrap yang dititikberatkan pada pengerukan endapan lumpur (sedimen) dengan membangun sejumlah pulau pulau buatan tersebut, ujar dia, terkesan hanya buang-buang uang rakyat

“Ya iya dong. Manfaatnya juga apa? Kan tidak ada yang bisa dirasakan masyarakat. Mengatasi banjir juga tidak, apalagi memberi dampak lain seperti sebagai tempat pariwisata juga tidak, ” kata Nursyam.

Seperti dikeetahui, proyek revitalisasi perairan Danau Sidenreng di Wettee Sidrap 2017 tersebut, dikerjakan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PERA). (*)

banner 650x400 banner 400x1000