banner 650x65

Sidrap – Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas atau Gemapatas, telah di launching secara nasional

Gemapatas 2023 ditandai dengan pemasangan tanda batas satu juta patok dan pemukulan gendongan oleh Menteri ATR/ Kepala BPN, Hadi Tjahjanto di Cilacap yang berlangsung secara Virtual, Jumat, 3 Februari 2023.

Khusus di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel), Gemapatas ditandai dengan penandatanganan berita acara pemasangan 2000 patok Gemapatas oleh Pemkab Soppeng dan BPN daerah setempat.

banner 650x650

Adapun pendatangan itu, dipusatkan di Lingkungan Mattoangin Kelurahan Salokaraja, Kecamatan Lalabata.

Bupati, Wakil Bupati Soppeng dan para Anggota Forkopimda terlihat ikut pada acara tersebut

Lain dari itu, acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis sertifikat TORA (Tanah Obyek Reforma Agraria) Transmigrasi oleh Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak ke masyarakat transmigrasi.

Kepala BPN Soppeng, Filzah Wajdi, mengatakan, gemapatas merupakan langkah awal dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) terintegrasi 2023

Menurutnya, pemasangan 1 juta patok serentak secara nasional berlangsung diseluruh wilayah NKRI di 33 Provinsi pada tanggal 3 Februari 2023.

Ini adalah pemasangan terbanyak yang dicatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), dalam kegiatan ini Kab. Soppeng akan memasang 2.000 patok.(*)

banner 650x650