banner 650x65


SOPPENG — Inovasi ‘Sutasoma’ menjadi harapan besar dapat mengangkat citra Soppeng di ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023.

Wabup Soppeng Lutfi Halide pun sangat yakin inovasi tersebut bisa keluar sebagai juara pertama setelah berhasil masuk 10 besar penilaian PPD Kabupaten/Kota se Sulsel 2023

Menurutnya, Sutasoma adalah sebuah inovasi yang mahal dan langka. Dia juga menyebut inovasi Sutasoma itu pertama di Indonesia

Lalu apa itu inovasi Sutasoma? Sutasoma adalah singkatan dari Sistem Perlindungan Program Jaminan Sosial Bagi Petani. Lutfi menyebut itu adalah sebuah regulasi dalam wujud peraturan bupati (Perbup)

Dalam suatu kesempatan belum lama ini di Soppeng, Lutfi menerangkan bahwa Sutasoma adalah program Pemkab Soppeng yang menggandeng BPJS Ketenagakerjaan yang didalamnya tentang Sistem Perlindungan Program Jaminan Sosial dan Tenaga Kerja BPJS Ketenagakerjaan.

Menurutnua lagi, Sutasoma merupakan program inovatif dari Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak yang bertujuan untuk memaksimalkan perlindungan kepada petani dalam skema jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dia juga mengklaim, inovasi Sutasoma ini telah mendapatkan respon positif dari kalangan petani di daerah bagian selatan Kabupaten Sidrap tersebut

“Peserta dari inovasi ini sudah menembus sebanyak 13.000 petani dan Insya Allah akan terus bertambah secara signifikan, dikarenakan betul betul dirasakan manfaatnya oleh petani soppeng,” aku Lutfi  (*)

banner 650x650