banner 650x65

Saya sengaja memilih judul di atas. Keterkaitannya sangat kuat, saya merasakannya

Laporan: EDY BASRI

Di awal, saya ingin mengucapkan selamat hari jadi daerah (Hutda) Sidenreng Rappang (Sidrap) yang ke-679 tahun.

Lalu, saya juga ingin memberi apresiasi yang setinggi-tinginya kepada panitia Hutda Sidrap yang ke-679 yang telah bekerja maksimal menyemarakkan Hutda 2023 ini.

Menurut saya, ada banyak kelebihan menyambut Hutda Sidrap tahun ini. Nuasanya sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu yang membuat istimewa Hutda Sidrap tahun ini, karena adanya pelibatan masyarakat secara full. Konsep yang dijalankan panitia itu, sangat keren dan super penting. Masyarakat ikut menikmati, mereka sangat bersuka cita

Apabila dicermati. Memang idealnya harus begitu. Masyarakat harus banyak terlibat di dalamnya, (maaf) bukan pejabatnya saja yang sibuk dan masyarakat menjadi penonton setia. Jadi, sungguh Hutda kali ini sangat berbeda. Spesial sekali

Bagi saya, semuanya sudah terlibat, mulai dari anak-anak (pelajar), hingga orang tuanya. Semuanya ikut menyemarakkan Hutda ini.

Anak bungsu saya, Fatih Abqari yang masih duduk di kelas V SDN 1 Amparita, Kecamatan Tellu Limpoe, juga tidak luput dari kegiatan dalam rangka menyemarakkan Hutda Sidrap ini

Kebetulan jagoan saya ini ikut memperkuat tim marching band di sekolahnya. Alhasil, timnya berhasil keluar sebagai juara I tingkat sekolah dasar (SD) se Sidrap.

Karena juara, mau tak mau anak saya dan rekan setimnya harus bolak balik lagi ke Kota Pangkajene. Mamanya juga aktif mendampingi putranya, sampai-sampai ia lupa bikin kopi dan menyiapkan sarapan untuk saya. Terpaksa, saya sarapan dengan mi instan saja, hee..

Tapi jujur, saya sama sekali tak masalah. Sebaliknya, saya justru bangga anak dan istri saya ikut menikmati ‘kemerdekaan’ ini. Sekalian mereka tahu, Hutda ini bukan hanya untuk kalangan tertentu saja, tapi untuk semuanya.

Lalu, besok jika tak ada aral, Sabtu, 18 Fabruari 2023 pemerintah dan masyarakat sudah di puncak acara. Ada peringatan berupa upacara yang akan dilaksanakan.

Kabarnya lagi, panitia Hutda Sidrap sangat totalitas untuk menyukseskan puncak perayaan Hutda Sidrap ini.

Selain akan dihadiri Gubernur dan pimpinan DPRD Provinsi, sejumlah pejabat aktif dari Pusat, Pemprov, Pemkab, DPRD dan Forkopimda, hingga mantan Bupati dan mantan Wakil Bupati akan hadir.

Saya memperkirakan, akan ada banyak kejutan yang terjadi besok. Biasanya kehadiran gubernur di acara Hutda itu membawa sesuatu yang penting bagi kemajuan daerah.

Terakhir, izinkan saya kembali menyampaikan selamat Hutda Sidrap yang ke-679. Semoga Sidrap bangkit lagi pasca Pandemi Covid-19 sesuai tema yang diusung, “Sidrap Berkolaborasi, Sidrap Tangguh”. (*)

banner 650x650