banner 650x65

Katasulsel.com, Makassar — Pengurus Masjid Baitul Adli Kejati Sulsel kembali melaksanakan acara siraman rohani, Senin, 20 Februari 2023.

Pada kegiatan siraman rohani kali ini, pengurus mengundang Ustads Muhammad Naharuddin (Imam Masjid Baitul Adli) memberikan siraman rohani kepada para jaksa dan pegawai Kejati Sulsel

Adapun siraman rohani itu mengusung tema amalan sebelum tidur yang diwasiatkan Rasulullah Muhammad SAW.

Ustads Naharuddin mengatakan ada 4 (empat) amalan sebelum tidur yang diwasiatkan Rasulullah SAW

Tidur merupakan waktu beristirahat dari segala perbuatan. Terlebih lagi di malam hari. Allah menciptakan malam agar umatnya dapat istirahat, dan siang untuk mencari rezeki. 

Dalam sebuah Riwayat Rasulullah pernah berkata kepada Aisyah (istrinya), bahwa Aisyah dianjurkan untuk melakukan 4 (empat) hal sebelum tidur, yaitu :  

Pertama, jangan tidur sebelum mengkhatamkan Alquran. Kedua, jangan tidur sebelum mendapat syafaat Rasulullah dan rasul-rasul terdahulu.

Ketiga, jangan tidur sebelum meminta maaf kepada seluruh umat Islam. Dan Keempat, jangan tidur sebelum melaksanakan haji dan umrah.

Setelah Sayidah Aisyah mendengarkan 4 hal yang diwasiatkan Rasulullah agar dikerjakan sebelum tidur, maka Sayidah Aisyah langsung bertanya: Wahai Rasulullah, demi bapak dan ibuku, engkau perintahkan aku melakukan empat perkara yang saat ini pasti tidak mampu aku melakukannya.”

“Mendengar pernyataan Aisyah ini, Nabi lalu tersenyum dan beliau menjelaskan : Jika kamu membaca Surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, maka pahalanya sama dengan mengkhatamkan Al-Quran. Jika kamu membaca sholawat kepadaku dan para nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberikan syafaat kepadamu di hari kiamat kelak.

Jika kamu memohonkan ampunan untuk seluruh kaum muslimin, maka mereka semua akan rida kepadamu. Dan jika kamu membaca ‘Subhanallah wal hamdulillah wala ilaha illahu wallahu akbar,’ maka kamu telah melakukan haji dan umrah.”

Wasiat yang disampaikan Rasulullah kepada Istrinya (Sayidah Aisyah) merupakan wasiat yang juga ditujukan kepada kita semua selaku Ummatnya agar melaksanakan 4 (empat) amalan tersebut sebelum tidur. (*)

Sumber : Kasi Penkum Kejati SulSel SOETARMI S.H.,M.H.

banner 650x900