banner 650x65

Katasulsel.com,Surabaya — Dinar Wahyu Saptian Dyfrig alias Wahyu Kenzo, crazy rich asal Surabaya ditangkap Satreskrim Polresta Malang Kota di salah satu hotel kawasan Surabaya, Sabtu (4/3/2023). Wahyu Kenzo diduga melakukan penipuan bisnis robot tradint Auto Trade Gold (ATG) miliknya dan meraup keuntungan Rp 9 triliun.

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto menyebutkan berdasarkan hasil penyelidikan sementara, korban aksi penipuan Wahyu Kenzo tersebar di sejumlah negara, sepertin Amerika, Rusia, Prancis, Tiongkok, Inggris, Uni Emirat Arab, dan Singapura.

“Hasil sementara ini diperkirakan total kerugian korban mencapai Rp 9 triliun,” kata Irjen Toni dalam keterangan tertulis, Rabu (8/3/2023).

banner 700x300 banner 700x300 banner 700x300

Selain menangkap Wahyu Kenzo, polisi juga menelusuri aset miliknya. Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto menyebutkaan aset Wahyu dikabarkan tersebar di beberapa negara. Pasalnya, Wahyu sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Kepolisian bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk melakukan penelusuran aset Wahyu.

“Aset di luar negeri ini masih kita dalami. Kita bekerja sama dengan PPATK. Kami juga sudah mengirim surat melalui Ditreskrimsus kepada PPATK, dan kami sudah berkoordinasi untuk tracing aset-aset yang bersangkutan,” kata Kombes Budi Hermanto.

banner 650x400 banner 400x1000