banner 650x65

Katasulsel.com ,Makassar — Kegiatan Siraman Rohani kembali digelar di Masjid Al Adli Kejati Sulsel di Makassar, Kamis, 9 Maret 2023

Bertindak selaku pembicara pada kegiatan itu yakni Ustaz Dr. dr. Muhammad Khidir Alwi M.Kes. MA yang merupakan ahli gizi.

Muhammad Khidir Alwi pada ceramahnya menerangkan bahwa “puasa dapat menjadi Ibadah dan bermamfaat bagi kesehan tubuh manusia”.

Ketika berpuasa, tubuh tidak kemasukan makanan dan minuman dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, tubuh akan berusaha mengolah energi dari berbagai sumber.

Normalnya, kata dis energi diperoleh dari glukosa yang terkandung di dalam tubuh. Biasanya tersimpan di dalam organ hati. Kendati demikian, saat berpuasa energi justru akan dihasilkan dari keton.

Akibatnya, metabolisme dalam tubuh akan berubah. Keton yang akan diubah menjadi energi ini tersimpan di dalam lemak.

Adapun proses pengubahan keton menjadi energi dikenal dengan ketogenesis.

Proses ketogenesis tersebut ternyata memiliki berbagai manfaat, seperti menekan peradangan dan meningkatkan respons tubuh terhadap stress,

Juga, mengeluarkan racun dari tubuh,membantu regenerasi sel, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol gula,darah, meningkatkan fungsi organ, menjaga tubuh dari bakteri dan virus berbahaya

Termasuk, membantu sistem pencernaan untuk beristirahat, meningkatkan kesehatan jantung, memperbaiki fungsi hormon dan menjaga berat badan.

Maka sungguh tepat hadist Nabi yang mengatakan “Berpuasalah niscaya kamu akan sehat” (HR. Al-THABRANI)

Sumber : Kasi Penkum Kejati SulSel SOETARMI S.H.,M.H.

banner 650x900