banner 650x65

Ditulis oleh : Susi
Mahasiswi universitas nahdlatul ulama Indonesia

Kata akuntabilitas sudah tidak asing lagi, seringkali digunakan oleh pemerintahan.

Akuntabilitas memiliki arti tersendiri yaitu tindakan pertanggungjawaban integritas keuangan atas hasil yang diperoleh setelah melakukan aktivitas tertentu.

Mengapa akuntabilitas anggaran keuangan ini harus dikontrol ? karena untuk memudahkan mendapatkan informasi mengenai kinerja baik dari laporan keuangan,pengelolaan, maupun kegiatan yang telah dilaksanakan.

Pengkontrolan akuntabilitas anggaran keuangan merupakan suatu proses yang dilakukan dan bertujuan untuk mengendalikan kegiatan dalam rangka mencapai tujuannya.
Pengkontrolan anggaran didalamnya meliputi salah suatu cara untuk mengukur, mengarahkan, serta mengawasi atas kegiatan pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan yang memadai, sehingga semakin baik pengkontrolan anggaran yang dilakukan oleh pemerintah maka pencapaian tujuan pemerintah yang efektif dan efisien akan tercapai.

Didalam mengerjakan laporan keuangan, bisa saja terjadi kecurangan dalam membuat anggaran keuangan, kecurangan secara disengaja menggunakan hak orang lain demi kepentingan pribadi.

Kecurangan pada laporan keuangan pemerintah dapat terjadi karena adanya tekanan, peluang dan rasionalisasi, dimana seseorang mungkin merasa mendapat tekanan untuk melakukan kecurangan karena adanya kebutuhan atau masalah finansial.
Kesempatan melakukan kecurangan biasanya dipicu karena adanya peluang yang menyebabkan pelaku secara leluasa menjalankan aksinya yang disebabkan oleh pengendalian internal yang lemah dan ketidak displinan dalam mengkontrol anggaran keuangan tersebut.

Maka demikian dengan memberikan bahan pertimbangan untuk dapat merancang kebijakan yang dapat memperkuat aspek akuntabilitas pengelolaan anggaran keuangan ini dengan cara memastikan bahwa semua pihak penyusun laporan anggaran keuangan harus berpegang teguh atas rasa tanggung jawab atas pekerjaannya. Proses pengkontrolan anggaran keuangan pemerintahan juga disarankan perlu mempertimbangkan tingkat kepatuhan,selain itu juga mampu menciptakan kondisi yang religius dalam lingkungan kerja pemerintah.

banner 650x650